Keadaan Negara India


Sering sekali kita melihat film Bollywood di televisi. Atau mungkin, Anda sudah pernah ke negara India? Jika ingin mengetahui keadaan negara India, yuk kita baca artikel berikut ini.

Salah satu negara di Asia adalah negara India. Bentuk pemerintahan negara India adalah republik dan ibu kota negara India berada di New Delhi. Kota New Delhi merupakan salah satu kota terbesar di India.

Negara India terkenal dengan jumlah penduduknya yang paling banyak ke dua di dunia. Hal itu berdasarkan hasil sensus penduduk yang menunjukkan jumlah penduduk India sekitar satu miliar. Jumlah penduduk ini semakin bertambah pesat semenjak pertengahan tahun 1980.

Letak Geografis Negara India

Luas wilayah India sekitar 3.316.500 km2. Letak astronomisnya adalah 80LU-370Lu dan 680BT-970 BT. Dan, negara India terletak di Benua Asia bagian selatan.

Batas-Batas Negara India

Negara India sebelah utara berbatasan dengan Nepal, Bhutan, dan China. Sebelah timur berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala. Sebelah selatan berbatasan dengan Srilanka dan Samudera Hindia. Dan, sebelah barat berbatasan dengan Pakistan serta Laut Arab.

Bentang Alam di Negara India

Pengunungan dan dataran tinggi di India adalah Pegunungan Himalaya. Dataran rendahnya terdapat di sekitar Sungai Gangga, daerah ini terkenal subur karena adanya Sungai Gangga dan Sungai Brahma Putra.

Semenanjung di India adalah Plato Dekka dan Pegunungan Ghats barat serta timur. Adapun sungai-sungai di India adalah Sungai Gangga, Sungai Indush, dan Sungai Brahma Putra.

Negara India mempunyai dua iklim, yaitu Iklim tropis dan subtropis. Hal ini karena ada pengaruhnya dengan angin muson yang ada di negara India. Penduduk negara India mayoritas beragama Hindu.

Selain itu, ada juga yang beragama Islam, Kristen, dan Buddha. Bahasa yanng digunakan sehari-hari oleh penduduk negara India adalah bahasa Indi dan juga bahasa Inggris.

Mata pencaharian utama para penduduk di negara India adalah pertanian. Penduduk yang paling banyak petaninya adalah di daerah sekitar Sungai Gangga. Karena, di daerah tersebut tanahnya sangat subur. Selain bertani, penduduk India juga berkebun, beternak, memanfaatkan hasil tambang, industri, perhubungan, dan juga berdagang.

Negara India juga mempunyai banyak peninggalan pada masa lampau, seperti Taj Mahal dan Amrisal. Demikianlah artikel mengenai keadaan negara India. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kegunaan Menggunakan Kebaya
Sebelumnya: Busana Kerja Wanita Pinggul Besar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar