Keanekaragaman Kelompok Sosial Masyarakat Multikultural di Indonesia


Negara kita merupakan negara yang masyarakatnya majemuk. Keanekaragaman kelompok sosial masyarakat multikultural di Indonesia disebabkan banyak faktor, seperti adanya perbedaan ras, suku bangsa, agama, kebudayaan, dan bahasa daerah. Karena pulau-pulau di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke, setiap wilayah pastinya memiliki budaya dan kebiasaan tersendiri, tergantung dari letak dan kondisi wilayah / daerah tersebut. Hal ini karena letak wilayah juga bisa memengaruhi sifat dan kebudayaan masyarakat setempat. Untuk itulah, simbol negara kita, Burung Garuda, dengan semboyannya “ Bhinneka Tunggal Ika “ yang artinya berbeda-beda tetap satu, sangat tepat ditujukan kepada negara tercinta ini.

Kemajemukan yang terjadi di masyarakat Indonesia mencerminkan kepada kita semua bahwa perbedaan-perbedaan yang ada tidak menyurutkan rasa persatuan dan kesatuan kita.

Sarana-sarana pemersatu kemajemukan bangsa Indonesia, yaitu

  • Bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia
  • Lagu kebangsaan yaitu lagu Indonesia Raya
  • Bendera nasional yaitu Bendera Merah Putih
  • Prinsip negara yaitu Pancasila
  • Kebudayaan Nasional
  • Wilayah

Perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia yang multikultural ini justru dapat memperkaya bangsa Indonesia. Hal ini jarang ditemukan di negara-negara lain. Meskipun kita berbeda dalam masalah agama, ras, suku bangsa, wilayah, warna kulit, dan bahasa daerah, tetapi bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu. Tanpa melihat perbedaan-perbedaan yang ada sehingga perpecahan dapat kita hindari dan kerukunan antarumat beragama selalu kita jaga dengan sebaik-baiknya. Ituah sebabnya di Indonesia hidup 5 agama resmi yaitu Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha. Semuanya berjalan serasi dan selaras sesuai harmoni.

Prinsip negara kita yaitu Pancasila. Prinsip ini sangat tepat diterapkan dalam kehidupan masyarakat multikultural di Indonesia. Bangsa kita menjadi bangsa yang majemuk karena dilatarbelakangi oleh kondisi historis, geografis, dan keterbukaan bangsa Indonesia terhadap budaya luar yang datang ke Indonesia sehingga banyak pengaruh budaya-budaya dari India, Arab, dan Cina yang memengaruhi kebudayaan kita, khususnya wilayah pesisir yang sering didatangi oleh pedagang-pedagang dari India, Arab, maupun Cina.

Keanekaragaman kelompok sosial masyarakat multikultural di Indonesia merupakan cerminan bangsa ini. Negeri  elok yang diberkahi dan dibekali dengan berbagai macam kekayaan alam untuk bisa menjadikan bangsa ini bangsa yang bermartabat dan tidak dipandang sebelah mata oleh bangsa lain.

Selanjutnya : Manfaat Oksigen yang Dihirup Manusia
Sebelumnya: Manfaat Dalam Mempelajari Interaksi Sosial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar