Efek Kebanyakan Minum Pocari Sweat

Apakah efek dari kebanyakan minum Pocari Sweat? Pocari Sweat adalah produk minuman isotonik yang sudah cukup terkenal di beberapa belahan negara. Minuman ini merupakan produksi Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd. dari Jepang. Minuman isotonik artinya adalah minuman yang memiliki tekanan yang sama dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Tekanan dari cairan ini dipengaruhi oleh seberapa banyak kandungan ion di dalam cairan.

Dengan mengetahui jumlah cairan ion di dalam tubuh dan menyamakan konsentrasinya, maka akan didapat tekanan yang sama. Biasanya minuman ini dikonsumsi setelah olahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Cairan tubuh yang hilang bisa keluar melalui keringat atau urine. Bukti jika tubuh memiliki kandungan ion adalah keringat yang berasa asin. Pengeluaran ion – ion tubuh melalui keringat harus segera digantikan karena dapat mengakibatkan dehidrasi.

Minuman Pengganti Ion Tubuh

Penggantian ion tubuh tidak dapat dilakukan hanya dengan air putih saja karena air putih karena kandungan ionnya tidak sebanyak cairan tubuh. Produk ini (Pocari Sweat) menawarkan sesuatu yang berbeda dengan dengan menggantikan cairan ion tubuh secara langsung untuk menghindari dehidrasi tubuh serta mengembalikan kesegaran tubuh setelah olahraga.

Dengan iklan “minuman pengganti ion tubuh” sepertinya minuman ini diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia pada khususnya. Bagaimana jika kebanyakan mengonsumsi minuman Pocari Sweat? Belum ada keterangan resmi baik dari produsen Pocari Sweat atau laporan dari konsumen tentang gejala yang ditimbulkan karena kebanyakan minum Pocari Sweat.

Efek Minum Pocari Sweat

Minum Pocari Sweat juga tidak menimbulkan kegemukan karena kalorinya lebih kecil dibanding jus buah atau minuman bersoda. Pocari Sweat bukanlah minuman bersoda. Minuman bersoda menggunakan karbondioksida, sedangkan Pocari Sweat tidak menggunakan karbondioksida. Bunyi “ces” saat Pocari Sweat dibuka adalah gas nitrogen yang berfungsi untuk menjaga agar bakteri tidak tumbuh di dalam kaleng atau botol Pocari Sweat.

Sehabis olahraga memang disarankan untuk minum minuman pengganti ion tubuh untuk segera menggantikan ion yang hilang akibat aktivitas. Minuman pengganti ion tubuh mengandung ion – ion yang berasal dari garam – garam dengan konsentrasi tertentu. Karena minuman ini adalah minuman sintesis, meski belum terdapat laporan karena efek konsumsi yang banyak, tetap sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi.

Garam di dalam tubuh memiliki komposisi tertentu, jika terlalu banyak maka bagi penyakit jantung dan hipertensi pasti memberikan efek meskipun tidak kentara, sekalipun kelebihan ion ini akan diekskresikan ke luar tubuh. Meski kebanyakan minum Pocari Sweat tidak memberikan efek yang buruk, sebaiknya tetap mengkonsumsi air putih agar kesehatan tubuh dapat terjaga.

Selanjutnya : Gejala Keracunan Makanan
Sebelumnya: Multivitamin Untuk Anak 7 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...