Mengetahui Lebih Jauh Mengenai Keberadaan Sumenep

Keberadaan Sumenep, sebuah kabupaten yang berada di pulau Madura ini sangat menarik. Sumenep, dalam bahasa Madura dilafalkan Songènèb, adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia..

Sumenep adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.093,45 km² dan populasi 1.041.915 jiwa. Ibu kotanya ialah Kota Sumenep.

Nama Songènèb sendiri secara bahasa berati Bahasa Kawi / Jawa Kuno dari kata “Sung” mempunyai arti sebuah relung/cekungan/lembah, dan kata “ènèb” yang berarti endapan yang tenang. Jadi apabila disatukan arti kata Songènèb / Songennep (dalam bahasa Madura) mempunyai arti “lembah/cekungan yang tenang”.

Kata Songènèb sendiri sebenarnya sudah popular semenjak Kerajaan Singhasari berkuasa atas Jawa, Madura, dan Ssekitarnya. Daerah ini juga disebutkan dalam kitab Pararaton tentang penyebutan keberadaan “Sumenep” pada saat sang Prabu Kertanegara menyingkirkan Arya Wiraraja  yang saat itu menjabat sebagai penasehat kerajaan dalam bidang politik dan pemerintahan. Arya Wiraraja dibuang ke Wilayah Sumenep di Madura Timur tahun 1926 M.

Berikut adalah kutipan yang diambil dari kitab Pararathon yang menyebutkan keberadaan sumenep.

‘“Hanata Wongira, babatangira buyuting Nangka, Aran Banyak Wide, Sinungan Pasenggahan Arya Wiraraja, Arupa tan kandel denira, dinohaksen, kinun adipati ring Sungeneb, anger ing Madura wetan”.’ Artinya :

“Adalah seorang hambanya, keturunan orang ketua di Nangka, bernama Banyak Wide, diberi sebutan Arya Wiraraja, rupa-rupanya tidak dipercaya, dijauhkan disuruh menjadi adipati di Sumenep. Bertempat tinggal di Madura timur.”

Kabupaten Sumenep

Keberadaan Sumenep adalah diujung timur Pulau Madura tepatnya di 113°32’54”-116°16’48” Bujur Timur dan di antara 4°55′-7°24′ Lintang Selatan. Kabupaten Sumenep merupakan wilayah yang unik karena terdiri wilayah daratan dengan pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau.

Jumlah pulau berpenghuni di Kabupaten Sumenep hanya 48 pulau, sedangkan pulau yang tidak berpenghuni sebanyak 78 pulau. Batas batas kabupaten sumenep sendiri terdiri atas perairan dan daratan yang mengelilinginya. Daratan utama masih berada di pulau utama, yaitu madura. Keberadaan Sumenep yang terdiri dari wilayah pulau pulau yang berpenghuni berhadapan langsung dengan laut Flores atau laut Jawa.

Kebanyakan penduduk sumenep menjadi pertanian atau ada juga yang menggantungkan mata pencahariannya sebagai nelayan ikan. Oleh karena banyaknya penduduk yang tinggal dekat dengan laut, mata pencaharian penduduk Kabupaten Sumenep adalah perikanan ataupun jadi nelayan.

Selanjutnya : Cerita tentang Pernikahan Celine Dion
Sebelumnya: Contoh Bentuk Surat Berharga Dalam Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...