Keberhasilan Bank-Bank Syariah Itu Tanda Kebangkitan Islam


Keberhasilan bank-bank syariah itu bertanda perekonomian umat Islam mulai meningkat. Maraknya bank syariah di Indonesia merupakan wujud dari tuntutan masyarakat Indonesia terhadap produk layanan finansial yang sesuai dengan akidah Islam.

Sepuluh tahun belakangan ini, dinamika perbankan syariah melengkapi sistem perekonomian Indonesia dan ternyata minat masyarakat cukup antusias terhadap produk syariah. Hal Ini disebabkan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, bahkan penganut Islam terbanyak di dunia setelah Arab Saudi.

Selain itu, nasabah merasa mantap terhadap bank syariah, karena dijamin halal sesuai dengan kaidah perekonomian Islam.

Prinsip Bank Syariah

Sejumlah prinsip syariah yang membuahkan keberhasilan bank-bank syariah itu manjadi daya tarik nasabah. Berbeda dengan perbankan konvensional yang orientasi utamanya adalah mencari laba dari berbagai produk layanan. Laba diperoleh dari jumlah bunga yang harus dibayar oleh nasabah.

Misalnya, bunga cicilan kartu kredit, bunga kredit, potongan biaya simpanan dan masih banyak lagi. Selain itu, prinsip bank syariah adalah bagi hasil dengan nasabah. Untuk lebih jelasnya, berikut keterangan tentang prinsip perekonomian syariah.

1. Mudarabah

Mudarabah merupakan prinsip syariah tentang pengaturan bagi hasil usaha dengan jumlah yang telah disepakati antara bank selaku pemilik jasa keuangan dengan nasabah sebagai pengguna jasa. Prinsip ini diterapkan pada layanan kredit usaha bagi kalangan pengusaha. Deposito berjangka dan sebagainya.

2. Musyakarah

Prinsip ini diterapkan pada layanan pembiayaan modal atau joint venture. Jadi, pihak bank menanamkan sejumlah dana untuk dijalankan oleh nasabah atau pengusaha dalam bisnis tertentu sesuai dengan syariat Islam. Laba dari hasil bisnis, dibagi kedua pihak sesuai dengan kesepakatan.

3. Wadiah

Prinsip ini adalah layanan jasa penitipan uang atau barang berharga. Misalnya, pihak nasabah ingin menitipkan uang dalam jumlah banyak, tapi uang ini disimpan bersifat sementara, karena setiap saat akan diambil.

Mengapa Bank Syairah Disukai?

Keberhasilan bank-bank syariah itu ternyata mencuri hati banyak nasabah. Bank syariah memilik sejumlah kelebihan dari bank lain. kelebihan ini yang menjadi benefit bagi konsumen. Salah satunya adalah pihak bank menganggap konsumen bukan lagi sebagai objek bisnis, melainkan menempatkan nasabah sebagai mitra. Selain itu, bank syariah sangat ketat menjaga supaya usahanya tetap halal demi kepentingan ibadah.

Demikianlah ulasan tentang keberhasilan bank-bank syariah itu yang telah mampu mengayomi nasabah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Meramal Jodoh dengan Ikhtiar di Era Modern
Sebelumnya: Membuat Contoh Poster yang Berisi Suatu Kegiatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar