Kebijakan Pemerintah untuk Masyarakat


Kebijakan pemerintah untuk masyarakat saat ini dinilai tidak sesuai dengan aspirasi atau dianggap tidak pro masyarakat atau rakyat. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari profesionalitas wakil rakyat selaku pemegang amanah rakyat untuk memerintah negara ini. Beberapa pihak menilai kebijakan rakyat ini dipengaruhi oleh pemodal dan pengusaha, sehingga kebijakan yang ada hanya menguntungkan para pengusaha kelas kakap dan pemodal.

Hal ini dapat dilihat pada fenomena menjamurnya mini market yang muncul di seluruh pelosok negeri ini. Tentu saja kehadiran mini market ini langsung menghantam pengusaha warung kecil karena kalah dari segala sisi.

Selain mini market, saat ini juga tak kalah marak adalah pembangunan mall atau pusat perbelanjaan modern yang secara langsung membunuh pasar tradisional yang selama ini menjadi salah satu sumber penghasilan utama masyarakat kecil. Harusnya kebijakan pemerintah ini pro rakyat dan terlebih dahulu menyerap aspirasi dari rakyat dan masyarakat.

Banyak sebenarnya contoh kebijakan pemerintah untuk masyarakat yang dinilai malah merugikan masyarakat itu sendiri. Bidang pertanian misalnya, Indonesia selama ini dikenal sebagai negara agraris yang menghasilkan banyak komoditas pertanian.

Namun, yang terjadi saat ini adalah banyaknya mafia yang ikut bermain di sektor pertanian ini dan membuat komoditas hasil pertanian langka dan memaksa pemerintah untuk melakukan impor untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri.

Pemerintah seharusnya melakukan review terlebih dahulu sebelum menetapkan kebijakan agar tidak merugikan masyarakat. Saat ini sebagian besar rakyat Indonesia tak lagi percaya pada pejabat pemerintah dan partai politik karena telah terlalu sering dikhianati dengan banyaknya kebijakan-kebijakan yang justru mencekik rakyat.

Pemerintah memang seharusnya turun ke rakyat dan mendengarkan aspirasi, masukan, dan keinginan rakyatnya karena rakyatlah yang memberikan mandat pada pemerintah dan rakyat jugalah yang merasakan kebijakan tersebut.

Saat ini Pemilu 2014 hampir tiba dan calon-calon presiden mulai menawarkan rangakaian program kerja dan kebijakan pemerintah untuk masyarakat yang pro rakyat.

Semoga saja apa yang dikatakan tak hanya sebuah rayuan, tetapi benar-benar diwujudkan ketika telah menjadi wakil rakyat. Semoga artikel mengenai kebijakan pemerintah untuk rakyat ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Menakar Kadar Nutrisi yang Dibutuhkan Perhari
Sebelumnya: Mengamati Perkembangan Fisik dan Psikis Manusia pada Fase Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar