Mengenal Kebudayaan Amerika Selatan


Kebudayaan Amerika Selatan banyak mendominasi kebudayaan yang ada di kawasan Benua Amerika. Hal ini terjadi karena kawasan tersebut merupakan kawasan yang paling luas wilayahnya di benua yang ditemukan oleh Christoper Columbus tersebut. Wilayah Amerika Selatan sendiri terbentang mulai dari 32 lintang utara hingga 56 lintang selatan. Hal ini membuat kawasan Amerika Selatan dikenal sebagai kawasan paling luas di dunia.

Amerika Selatan

Nama lain dari Amerika Selatan adalah Amerika Latin. Penyebutan Amerika Latin ini dimulai sejak abad 19, yang disebabkan kuatnya pengaruh di bidang budaya dan bahasa Roma. Masuknya kebudayaan Roma ke kawasan Amerika Latin dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Spanyol, Portugis, serta Eropa yang masuk sejak abad 16.

Kondisi Geografis

Dari sudut pandang geografis, banyak kelebihan yang dimiliki kawasan Amerika Latin. Salah satunya adalah terdapatnya pegunungan Andes, yang disebut sebagai pegunungan paling tinggi di dunia. Panjang pegunungan ini adalalah 7.000 kilometer. Selain pegunungan, kawasan Amerika Latin juga dialiri oleh salah satu sungai besar di dunia dan dikenal akan keeksotisannya, yaitu Sungai Amazon.

Sungai Amazon, selain memiliki ukuran yang sangat besar, juga dilengkapi dengan adanya air terjun yang juga terbesar. Terutama jika dilihat dari volume air yang melewati kawasan tersebut. Di kawasan ini terdapat dua dari tiga tiga air terjun paling tinggi di dunia. Letaknya berada di kawasan dataran tinggi Guiana. Itulah mengapa, di Amerika latin menyimpan potensi tenaga air yang sangat besar.

Di sekitar Sungai Amazon, dikenal pula kawasan hutan paling lebat di dunia, yaitu Hutan Amazon. Banyak ahli yang meyakini bahwa di dalam Hutan Amazon ini, masih banyak terdapat spesies tanaman dan binatang langka yang hingga kini masih menjadi sebuah misteri besar. Salah satunya adalah dugaan bahwa masih terdapat makhluk berukuran raksasa yang berdiam di dalam hutan tersebut.

Hal ini didasari dengan adanya sebuah penemuan jejak raksasa yang ada di hutan tersebut. Di mana ukuran jejak tersebut, lima kali lebih lebar dari ukuran sebuah traktor. Namun hingga kini, belum ditemukan fakta nyata, tentang makhluk yang membuat peninggalan jejak misterius tersebut. Itulah yang menyebabkan Hutan Amazon, dianggap sebagai hutan paling misterius di dunia.

Demikianlah artikel singkat mengenai kebudayaan Amerika Selatan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tarian Daerah yang Pernah Tampil di Luar Negeri
Sebelumnya: Deretan Film Kartun Anak Bagus dan Populer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar