Kebudayaan Riau yang Memesona

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan ragam budaya. Di Indonesia lahir ratusan kebudayaan yang hidup saling berdampingan dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Salah satu perbedaan yang unik dapat kita temukan pada kebudayaan Riau.

Kebudayaan Riau

Loading...

Ditinjau dari segi geografis, Riau merupakan sebuah daerah yang terletak tepat di tengah pulau Sumatera. Kebudayaan Riau sangat erat kaitannya dengan kebudayaan melayu, sehingga kita dapat melihat ada beberapa hal yang mirip dengan melayu, mulai dari segi arsitektur bangunan, rumah adat, hingga pakaian adat.

Rumah dan Pakaian Adat

Rumah adat Riau pada umumnya merupakan rumah yang terbuat dari kayu, berukuran besar dan dibangun di atas tiang-tiang sebagai pengokoh bangunan. Konsep rumah panggung Riau memiliki bentuk atap yang unik sehingga kita akan mengenali bentuk arsitektur tersebut dengan mudah.

Pakaian adat yang digunakan pun erat kaitannya dengan kebudayaan melayu, karena melayu memiliki baju kurung sebagai cirinya. Riau pun sama karena memiliki baju kurung cekak musang dan baju kurung teluk belaga.

Senjata Tradisionaal

Selain memiliki pakaian dan rumah adat yang khas, masyakarat Riau pun memiliki senjata khas yang diberi nama tumbuk lada. Senjata ini berbentuk seperti sebilah pisau panjang dan memiliki sarung dengan bentuk dan corak yang khas. Senjata ini dipergunakan oleh masyarakat sebagai bentuk perlindungan diri terhadap musuh.

Tarian Adat

Selain memiliki bentuk perlindungan, masyarakat Riau memiliki bentuk persahabatan sesama warganya dengan melakukan tarian. Tarian khasnya adalah tari tandak, tari ini biasa dipentaskan pada malam hari.

Pada mulanya tari tandak dibuat sebagai tarian pengerat silaturahmi antara para pemuda dan pemudi, karena pada saat itulah banyak orang yang belum pernah bertemu bisa menjadi teman baik, bahkan banyak sekali pasangan suami istri yang terlahir dari acara ini.

Makanan Khas

Makanan khas setiap daerah pastilah berbeda, karena dari suatu kebudayaan akan terlahir berbagai jenis produk makanan yang merepresentasikan kehidupan masyarakatnya. Dalam kebudayaan Riau, makanan yang khas adalah bolu kemojo, lempuk durian, es laksamana mengamuk, kue bangkit, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kebudayaan Riau dan berbagai produk hasil kebudayaannya yanng khas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenal jenis kebudayaan Indonesia yang unik, menarik, dan inspiratif. Karena jika bukan masyarakat Indonesia yang mengenal dan melestarikan kebudayaan, maka kebudayaan tersebut hanya akan mati dan menjadi mitos yang  berkembang di masyarakat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Ibukota Pahang Malaysia, Kuantan
Sebelumnya: Mengenal Jenis Potongan Makanan di Hotel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar