Mengenal Kebudayaan Timur

Indonesia terkenal dengan kebudayaan timurnya. Terkait dengan tingkah laku dan cara bergaul dalam masyarakat, warga negara Indonesia harus memperhatikan dan menerapkan ajaran yang terkait dengan kebudayaan timur.

Apa Itu Kebudayaan dari Timur?

Kebudayaan dari timur dimaknai sebagai kebudayaan yang menganut erat pada ajaran agama yang diyakini serta etika dan perilaku yang ada di masyarakat. Karena berpegang teguh pada ajaran agama serta norma-norma yang ada, maka berbagai perilaku yang tidak elok tidak boleh dilakukan. Misalnya, menjalani hidup dengan cara free sex.

Contoh dari negara yang menganut kebudayaan dari timur selain Indonesia adalah Malaysia, Brunei Darussalam, beberapa negara Timur Tengah, dan sebagainya. Di negara-negara ini, tingkah laku masyarakatnya harus sesuai dengan ajaran agama dan aturan yang ada di masyarakat, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Indonesia adalah negara yang penduduknya menjadi penganut Islam terbesar di dunia. Dengan fakta ini, maka norma yang berlaku di masyarakat tidak menyimpang jauh dari ajaran agama Islam.

Sebagaimana bidang lainnya, dalam hal kehidupan bermasyarakat juga berlaku punishment and reward system. Jika melakukan kebaikan, maka akan mendapatkan imbalan positif. Sebaliknya, jika melanggar norma yang ada, akan memperoleh sanksi termasuk sanksi social, misalnya dikucilkan dari pergaulan masyarakat.

Kebudayaan Barat

Kebudayaan dari timur berlawanan dengan kebudayaan barat. Jika kebudayaan dari timur identik dengan taat aturan dan norma, kebudayaan barat sebaliknya. Masyarakat diberi kebebasan untuk menjalani hidupnya. Ini sebagai aktualisasi dari yang namanya HAM atau Hak Asasi Manusia.

Kebudayaan barat dianut oleh banyak penduduk negara barat dengan ciri-ciri seperti pola atau cara hidupnya bebas, ajaran agama serta norma kesopanan tidak begitu diperhatikan, serta sistem politik dan ekonominya menganut sistem yang demokratis dan kapitalis atau komunis. Contoh negara penganut kebebasan yang dimaksud yang sesuai dengan bahasan kebudayaan barat adalah Amerika, negara-negara di Eropa, negara yang berada di Amerika Latin, dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin lama terjadi penyebaran pengaruh antara kebudayaan satu dengan lainnya. Meskipun dikatakan bahwa Indonesia adalah negara yang menerapkan kebudayaan timur, tapi tetap saja banyak juga masyarakatnya yang cara hidupnya mengikuti kebudayaan barat.

Misalnya, minum minuman keras, mengonsumsi narkoba, dan sebagainya. Hal ini merupakan fakta yang cukup menyedihkan. Sebuah gaya hidup yang salah. Ada saran bagaimana cara memperbaikinya?

Selanjutnya : Harga Keramik Garuda Berbagai Tipe
Sebelumnya: Menebak Sifat Orang yang Lahir di Angka 26
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...