Menentukan Kebutuhan Kabel Listrik


Menentukan kebutuhan kabel listrik merupakan hal yang penting dalam instalasi listrik baik untuk instalasi listrik pabrik, gedung bertingkat, kantor, ruko, hingga rumah. Kabel listrik merupakan komponen yang amat penting dalam suatu rangkaian instalasi listrik.

Fungsi kabel listrik sebagai media untuk mengalirkan daya listrik dari sumber listrik seperti genset, PLN, atau pembangkit listrik lainnya ke berbagai alat elektronik seperti mesin pabrik, peralatan rumah tangga, dll. Kegunaan kabel listrik lainnya seperti alat kontrol jarak jauh misalnya pada sebuah mesin produksi atau pada saklar lampu di rumah.

Memilih kabel listrik perlu memperhatikan beberapa hal: 1) pahami ukuran, tipe, dan jenis kabel listrik berikut fungsinya; 2) harga kabel listrik bervariasi tergantung pada fungsinya; 3) pahami kemampuan kabel untuk mendistribusikan arus listrik, ukuran penampang kabel, dan cara pemasangan kabel; 4) cermatlah memilih kabel yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis kabel listrik yaitu:

1. Kabel NYY

Kabel ini memiliki lapisan isolasi PVC yang tidak disukai tikus. Harganya lebih mahal dari NYM. Kabel NYY umumnya berwarna hitam. Kabel ini biasanya digunakan untuk kabel tanah atau instalasi tertanam karena lapisan isolasinya lebih kuat dari kabel NYM.

2. Kabel NYM

Harganya lebih mahal dari kabel NYA. Kabel NYM umumnya berwarna abu-abu atau putih. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi listrik sistem tenaga, gedung atau rumah dan bisa pergunakan di lingkungan yang basah dan kering karena tingkat keamanannya lebih baik dengan dua lapisan isolasi PVC. Tapi kabel ini tidak boleh ditanam.

3. Kabel NYA

Kabel ini harganya relatif terjangkau karena itu banyak digunakan untuk instalasi rumah. Lapisan isolasinya hanya satu sehingga mudah rusak karena itu harus dipasang dalam saluran tertutup atau pipa PVC. Ukuran kabel 1,5 mm2 dan 2,5 mm2.

Perkiraan ukuran kabel listrik ditentukan melalui tahapan berikut: 1) kabel harus se-tipe dan memiliki temperatur maksimum, ukuran, dan kemampuan menghantar besar arus yang sama; 2) perlunya peralatan proteksi untuk perlindungan beban seperti MCB dan sekering; 3) kabel menggunakan PVC dengan dua inti konduktor.

Untuk memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai kebutuhan kabel listrik yang sesuai dengan keperluan Anda, ada baiknya Anda menghubungi jasa instalasi listrik atau berkonsultasi dengan pemilik atau pelayan toko yang menjual alat-alat listrik.

Selanjutnya : Fungsi-fungsi Enzim Dehidrogenase, Esterase, Katalase, Transaminase
Sebelumnya: Definisi Verbal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar