Kecintaan Rasulullah SAW Kepada Anak Perempuannya

Junjungan kita Nabi Muhammad SAW selalu menunjukkan kasih sayangnya terhadap keluarganya. Meskipun perjuangan dalam memperjuangkan agama Allah SWT sangat berat, beliau selalu tetap ingat dan cinta kepada keluarganya.

Khususnya kecintaan Rasulullah SAW kepada anak perempuannya dan sifat beliau inilah yang bertolak belakang dengan kebiasaan-kebiasaan orang Arab di zaman jahiliyah. Orang arab yang jahil di masa itu mengubur bayi mereka bila terlahir perempuan karena bangsa arab waktu itu merasa malu jika mel hirkan bayi perempuan, bahkan dianggap aib. 

Kasih sayang yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW kepada anak perempuannya menghancurkan kepercayaan bangsa Arab yang jahiliyah waktu itu. Kecintaan beliau terhadap anak-anak perempuannya merupakan tonggak yang membuktikan bahwa perempuan memiliki nilai dan martabat yang tinggi dalam agama Islam.

Wanita merupakan makhluk yang lembut yang wajib dilindungi oleh kaum pria. Bahkan, di dalam Alquran yaitu Surat Annisa disebutkan kedudukan wanita yang begitu dihargai dan dilindungi dalam agama Islam.

Nabi Muhammad SAW memiliki empat anak perempuan yang semunya terlahir dari rahim Ibu Khadijah Radhiallahu’anha, mereka adalah Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan terakhir adalah Fatimah. Anak perempuan yang paling disayangi oleh Nabi Muhammad SAW adalah Fatimah Az Zahra yang merupakan Istri dari Ali Bin Abi Thalib.

Selain mencintai anak perempuannya, Nabi Muhammad SAW juga mencintai semua anaknya yang laki-laki.ereka Semua telah meninggal dunia bahkan mendahului Nabi Muhammad SAW. Namun sebenarnya Nabi Muhammad SAW tidak hanya mencintai anak-anaknya atau cucunya sendiri, beliau juga sangat mencintai anak-anak yang orang lain.

Beliau tidak pernah berkata keras atau membentak anak-anak kecil tersebut meskipun anak kecil itu telah kencing di baju Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu menunjukkan rasa kasih sayangnya kepada anak-anak kecil tersebut dengan sering mengusap mereka dan berkata lembut kepada anak-anak.

Nabi Muhammad SAW sering membantu anak perempuannya yaitu Fatimah Az Zahra untuk membantu dan mendidik anak Fatimah yang bernama Hasan dan Husein, yang merupakan cucu dari Nabi Muhammad SAW.

Beliau sangat sayang kepada keluarganya sehingga beliau juga menyayangi cucu-cucu yang lainnya yang merupakan anak dari Zainab dan Ruqayyah dan selalu membantu anak-anak perempuannya untuk mendidik anak mereka dalam kaidah Islam. Begitulah bukti kecintaan Rasulullah SAW kepada anak perempuannya.

Selanjutnya : Kecerdasan Emosional, Spiritual, Dan Intelektual Terhadap Perilaku Manusia
Sebelumnya: Puisi Ucapan Selamat Tidur Sahabat Terbaik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...