Kedekatan Shah Reza Pahlevi dengan Amerika Serikat Penyebab Revolusi Islam Iran


Kedekatan Shah Reza Pahlevi dengan Amerika Serikat penyebab Revolusi Islam Iran merupakan suatu fakta yang tak dapat dibantah. Revolusi ini dinyatakan sebagai revolusi yang memduduki peringkat tertinggi ketiga setelah Revolusi Perancis dan Revolusi Bolshevik. Revolusi ini berawal dengan demonstrasi besar pada bulan Januari 1978. Berikut akan dibahas mengenai Revolusi Islam Iran dan penyebabnya.

Lumpuhnya Kepemimpinan Shah Reza Pahlevi

Mohammad Reza Pahlevi adalah seorang Kaisar Iran yang menjabat sejak 16 September 1941 hingga 11 Februari 1979. Ia merupakan Kaisar kedua dari Dinasti Pahlevi yang memimpin Pemerintahan IranĀ  dan merupakan Shah terakhir dari kerajaan Iran.

38 tahun masa kepemimpinan Shah Reza Pahlevi harus berakhir setelah terjadi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh warga Iran . Selain itu, juga dilatarbelakangi dengan kekalahan tentara Shah Reza Pahlevi oleh para gerilyawan dan pasukan pemberontak.

Kedekatan Shah Reza Pahlevi dengan Amerika Serikat disebut sebagai faktor utama terjadinya Revolusi Iran. Akibat kedekatan ini, Shah Reza Pahlevi menjalankan kepemimpinan dengan gaya barat atau melakukan westernisasi yang tentu saja berlawanan dengan identitas Iran sebagai Negara Islam.

Pemerintahan yang dijalankan oleh Shah Reza pahlevi merupakan pemerintahan korup. Hal ini terbukti dengan munculnya data yang menunjukkan telah terjadi pemborosan di segala segmen keuangan Negara.

Warga Iran kemudian kehilangan respek terhadap Shah Reza pahlevi dan menganggap pimpinannya adalah boneka mainan Barat. Hal inilah yang mencetuskan rasa nasionalisme warga Negara Iran baik dari segi sekuler maupun agama. Selain itu, peristiwa ini juga menjadikan revolusi Iran memiliki keunikan dibandingkan dengan revolusi-revolusi yang pernah terjadi di Negara lain.

Pengganti Shah Reza Pahlevi

Shah Reza Pahlevi yang telah turun dari tampuk kepemimpinan digantikan oleh seseorang ulama berumur 80 tahun yang bernama Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini. Ulama tersebut mulai memimpin warga Iran sejak 1 Februari 1979. Dengan demikian revolusi yang berlangsung sejak pertengahan tahun 1977 sampai dengan tahun 1979 ini dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama adalah terjadinya pemberontakan pihak liberal, kumpulan agama, dan juga golongan haluan kiri untuk menentang Shah Reza Pahlevi. Sementara itu, tahap kedua adalah naiknya Ayatullah sebagi pemimpin revolusi dan menggantikan tampuk kepemimpinan Shah Reza Pahlevi.

Demikianlah salah satu kisah revolusi besar yang pernah terjadi di dunia. Kedekatan Shah Reza Pahlevi dengan Amerika Serikat merupakan faktor penyebab Revolusi Iran ini terjadi. Upaya westernisasi dan modernisasi yang dipaksakan oleh Shah Reza Pahlevi sangatlah bertentangan dengan identitas Iran sebagai Negara Islam.

Selanjutnya : Bumbu Cakalang Bakar Kecap
Sebelumnya: Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Toraja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar