Cerita Kegiatan Libur Sekolah dalam Bahasa Jawa

Menulis cerita kegiatan libur sekolah dalam bahasa jawa sebagai bagian dari penyelesaian tugas sekolah bukanlah perkara yang sulit. Apalagi jika hal ini dilakukan oleh kita yang termasuk orang Jawa sehingga bahasa kesehariannya atau bahasa ibunya adalah bahasa jawa.

Menulis Cerita

Menulis sebuah cerita pada prinsipnya hampir sama dengan saat kita bercerita kepada orang lain. Hal yang membedakan keduanya hanyalah terletak pada media untuk menyampaikannya saja. Bercerita dengan lisan disampaikan secara oral dan langsung, sedangkan menulis cerita disampaikan dengan menggunakan tulisan.

Inilah yang menjadi letak dasar perbedaan di antara keduanya. Sebagian besar dari kita sangat mudah untuk menceritakan sebuah kejadian kepada orang lain jika disampaikan secara langsung dengan menggunakan lisan.

Namun ketika diminta untuk menuliskannya, maka kita akan mengalami kesulitan yang sangat berarti. Bahkan dengan duduk diam dalam waktu yang lama hingga berjam-jam hanya mampu menghasilkan tulisan dalam beberapa kata saja.

Kemungkinan yang terjadi adalah kita tidak terbiasa melakukan hal tersebut yakni menceritakan sebuah kejadian dengan menggunakan media tulis. Sedangkan di sisi lain, kita sudah tahu apa cerita yang harus diceritakan hanya saja bingung untuk menuliskannya.

Kelemahan inilah yang seharusnya diselesaikan terlebih dahulu agar seseorang mampu menuliskan cerita dengan baik. Caranya adalah dengan memulai menuliskan sebuah cerita dan menulis terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang baik sebagaimana seseorang sering bercerita secara lisan.

Salah satu cara untuk memudahkan dalam menuliskan cerita dari lisan menjadi tulisan adalah mengubah bahasa langsung menjadi tidak langsung. Dengan kata lain, bisa mengubah sudut pandang dari orang pertama menjadi orang kedua ataupun ketiga.

Cerita Bahasa Jawa

Berikut ini adalah contoh cerita mengenai liburan sekolah dalam bahasa Jawa.

Preinan Keluarga ning Kuto Batu

Ning dino Minggu, aku lan bapak karo ibukku wes podho sepakat arep nglencer neng Kuto Batu. Kuto seng cukup adem lan akeh panggonan pariwisatane. Dadi aku seneng ae seng diajak mrono karo wong tuwoku.

Kuto batu pancen bener-bener adem. Ndek kanan lan kirine kuto ini akeh wit-witan utowo tanduran seng garahi tambah adem neng dada. Opomaneh ditambah karo wisatane seng uwakeh. Contohne BNS, Jatim Park 1 lan 2, Sengkaling, Selecta, Coban Ronda, lan Banyu Panas Cangar.

Westalah, preian tahun iki aku seneng banget poko’e. Wes nglencer neng wisata alam karo wong tuwoku karo iso nikmati sawangan alam seng apik banget. Bersyukur aku duwe wong tuwo seng iso ngajak nglencer. Piye kowe?

Itulah contohnya cerita kegiatan libur sekolah dalam bahasa jawa. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kata-kata Rindu Buat Teman yang Bisa Dijadikan Inspirasi
Sebelumnya: Cara Merawat dan Melatih Burung Kacer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar