Kegiatan Simpan Pinjam di Perbankan


Kegiatan simpan pinjam di perbankan merupakan salah satu produk andalan yang diminati oleh nasabah. Simpan artinya menabung sejumlah dana ke pihak bank untuk disimpan oleh pihak bank. Selain itu, dana simpanan nasabah diputar kembali untuk menggerakan bisnisnya.

Meminjam artinya nasabah mengajukan pinjaman dana kepada bank dengan menggunakan aset nasabah sebagai jaminan sedangkan pengembalian pinjaman dibayar secara bertahap atau kredit.

Jenis-Jenis Layanan Produk Kredit Perbankan

Kegiatan simpan pinjam di perbankan meliputi produk kredit yang ditawarkan secara variatif kepada nasabah. Nasabah bisa memilih layanan kredit sesuai kebutuhan dan tujuan. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis kredit.

1. Kredit Modal Usaha

Kredit modal usaha adalah pinjaman yang dipakai untuk menambah modal usaha yang sudah berjalan. Nasabah yang ingin bisnisnya bertambah besar tapi tidak memiliki cukup modal lebih baik mengajukan pinjaman di bank BUMN.

Pada bank tersebut, ada penawaran kredit mikro dengan bunga cicilan ringan, terkadang ada yang tanpa jaminan. Namun, nilai pinjamannya terbatas antara 2 juta rupiah sampai 5 juta rupiah.

 2. Kredit Jangka Panjang 

Layanan bank lainnya adalah kredit jangka panjang, produk ini ditawarkan kepada nasabah besar yang ingin meminjam dana dalam jumlah besar. Pinjaman tersebut dibayar dalam tempo lama yaitu lebih dari tiga tahun. Untuk mengajukan kredit jenis ini, Anda memerlukan jaminan yang nilainya lebih dari nilai kredit.

3. Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif adalah pinjaman yang dipakai untuk keperluan pribadi, seperti merenovasi rumah, biaya pernikahan, dan sebagainya. Kartu kredit masuk dalam kategori kredit konsumtif.

Kelebihan Mengajukan Pinjaman Kredit pada Bank

Lebih baik meminjam dana di bank resmi, karena ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh nasabah. Berikut ini kelebihan layanan simpan pinjam di bank.

1. Bunga ringan

Salah satu kelebihan meminjam uang di bank adalah bunga kredit sangat ringan, sehingga tidak memberatkan konsumen dalam pengembalian kredit.

2. Cicilan ringan

Cicilan pengembalian kredit sangat variatif, sangat tepat untuk mengakomodasi kemampuan nasabah. Selain itu, masih banyak lagi nilai plus yang memilih kegiatan simpan pinjam di perbankan.

Demikianlah ulasan mengenai kegiatan simpan pinjam di perbankan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Program Pemasangan Keylogger
Sebelumnya: Bakteri-Bakteri yang Dapat Menghasilkan Antibiotik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar