Kegiatan Yang Dilakukan Sebelum Melakukan Shalat Jumat

Seorang pria muslim memiliki kewajiban dalam melaksanakan hukum agama Islam. Salah satunya adalah melakukan kegiatan shalat jumat berjamaah di mesjid. Lalu, apa saja kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan shalat jumat? Berikut akan kami berikan ulasannya untuk Anda.

Shalat Jumat

Bagi seorang pria muslim, melaksanakan berbagai kewajiban sebagai seorang muslim sejati wajib untuk dilakukan. Selain sholat lima waktu, seorang pria muslim juga harus shalat berjamaan di mesjid dalam kurun waktu seminggu sekali. Shalat tersebut bernama shalat jumat.

Shalat jumat dilaksanakan dua rakaat ketika tiba waktu dzuhur dan ini wajib hukumnya dan dilakukan di mesjid secara berjamaah. Jika seseorang lalay melaksanakan shalat jumat selama 3 kali berturut-turut, maka akan ditutup pintu hatinya oleh Allah swt. Maka dari itu, sangat penting bagi seorang pria untuk tetap melaksanakan shalat jumat sesibuk apapun aktivitas duniawi nya.

Sebelum melakukan ibadah shalat jumat, biasanya seorang pria akan mandi terlebih dahulu, lalu berwudhu, kemudian menggunakan baju koko yang bersih. Biasanya mereka menyemprotkan wewangian yang menjadi sunah Rasul.

Namun, bagi pria yang sedang berada di perjalanan atau di kantor. Biasanya mereka tidak sempat mandi, mereka biasanya membawa sarung atau celana panjang bersih yang bisa mereka gunakan untuk pergi ke mesjid.

Seperti yang kita ketahui, shalat jumat diwajibkan bagi laki-laki muslim yang telah menginjak masa baligh. Namun, penanaman rasa wajib itu harus ditanamkan sejak kecil.

Seorang ayah atau kakak, akan mengajak anak atau adik laki-lakinya yang masih kecil untuk belajar shalat berjamaah di mesjid bersama. Ia akan memberikan pendidikan seberapa pentingnya shalat jumat bagi kaum laki-laki.

Ia pun akan mengajari si kecil mengenai hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat jumat. Dengan begitu si kecil menjadi terbiasa untuk melakukannya ketika telah menginjak masa balligh.

Penanaman moral dari kecil akan pentingnya agama memang menjadi PR bagi setiap orang tua. Hal itu lah yang kelak akan membentuk akhlak si kecil. Jadi, jangan pernah putus asa untuk terus mengajarkan agama dan hal-hal seperti kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan shalat jumat, agar ia menjadi terbiasa.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Teknik-teknik Melukis untuk Anak
Sebelumnya: Teknik Pembuatan Kolam Terpal untuk Ikan Gurame
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini