Berbagai Kegunaan Kamera Digital


Kegunaan kamera digital yang banyak membuatnya lebih mudah digunakan oleh orang yang tidak mengerti photografi sama sekali. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang untuk melakukan banyak hal yang dahulu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Kamera digital terdiri dari dua jenis, yaitu kamera saku dan kamera digital SLR. Berikut pembahasan lengkapnya.

Jenis-jenis Kamera Digital

Kamera digital terdiri dari dua jenis, yaitu jenis kamera saku dan kamera digital SLR. Kamera saku merupakan jenis kamera otomatis dengan format pengambilan dan penyimpanan gambar secara digital. Kamera digital memiliki ukuran kecil, ringan, mudah dibawa, dan bisa ditempatkan di dalam saku.

Kamera Digital SLR merupakan kamera yang memiliki cermin pemantul. SLR sendiri berarti Single Lens Reflect, secara bebas berarti ‘dipantulkan oleh lensa tunggal’. Sesuai dengan namanya, cermin ini memantulkan sinar yang datang dengan cara tertentu. Pantulan tersebut membuat photografer dapat melihat gambar melalui viewfinder.

Fungsi Kamera Digital

Dengan menggunakan kamera digital, seseorang dapat melihat hasil bidikannya dengan cepat. Hasil gambar ini mudah dipindahkan hanya dengan berbekal microSD dan kabel USB. Pengaturan warna, ketajaman, kecerahan, serta ukuran gambar juga dapat dilakukan dengan mudah.

Kegunaan kamera digital tentu  saja berhubungan dengan kemudahan yang tidak mungkin didapatkan jika menggunakan kamera manual. Kamera digital dapat dioperasikan dengan mudah. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kamera digital dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Seseorang dapat melihat langsung objek yang hendak dipotret melalui layar LCD. Apabila terjadi kesalahan dalam pemotretan, tinggal hapus saja lalu bidik gambar baru tanpa harus mengeluarkan biaya. Selain itu, pemotretan yang dilengkapi dengan bantuan komputer bisa menghasilkan foto dengan efek-efek khusus.

Hasil kamera digital juga tidak perlu diproses di dalam kamar gelap, tidak seperti kamera manual yang masih menggunakan film. Orang tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan hasil bidikan. Foto dapat disimpan secara permanen di dalam komputer, flasdisk, microSD untuk jangka panjang.

Terakhir, hal yang lebih penting adalah tidak ada bahan kimia yang digunakan untuk pemrosesan hasil bidikan kamera digital. Ini membuat kamera digital lebih ramah lingkungan.

Kegunaan kamera digital ini ditambah lagi harganya juga relatif lebih murah. Sehingga tidak heran jika kamera digital menjadi pilihan banyak orang, khususnya kamera saku. praktis, harga murah, dan kualitas yang bagus merupakan hal-hal yang membuat seseorang tertarik membeli sesuatu, termasuk kamera.

Selanjutnya : Resep Ikan Tenggiri Panggang Madu
Sebelumnya: Kegunaan Find Codec
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar