Kegunaan Senyawa Natrium Benzoat Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Apakah kegunaan senyawa natrium benzoat? Senyawa ini merupakan bahan pengawet berupa garam asam  atau disebut juga sodium benzoic yaitu merupakan lemak tidak jenuh ganda. Penggunaannya itu sendiri sudah disetujui oleh FDA (Food And Drug Administration) sehingga dapat digunakan oleh para pembuat makanan dan minuman sejak lama. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme yang ada pada makanan atau minuman yang diawetkan.

Dampak negatif natrium benzoat

Dampak negatif Natrium benzoat ( C7H5NaO2) jika digunakan secara berlebihan atau dikonsumsi secara berlebihan akan berakibat kurang baik terhadap kesehatan tubuh. Dampaknya seperti mengakibatkan kenaikan tekanan darah, yang disebabkan naiknya volume plasma karena pengikatan air yang dilakukan oleh natrium. Ini juga dapat mengaktifkan sel kanker dan dapat memicu terjadinya penyakit asma.

Natrium merupakan salah satu unsur yang dapat dengan mudah ditemukan di alam ini. Kurang lebih dari 2,6% dalam kerak bumi ini mengandung unsur natrium. Ciri dari natrium antara lain berupa logam lunak, dengan warna putih keperakan dan terapung saat dimasukkan ke dalam air. Sebaiknya hindari memasukkannya ke dalam air sebab jika natrium dimasukkan ke dalam air akan langsung bereaksi dan menghasilkan hidrogen, mengingat senyawa natrium ini reaktif. Apalagi jika jumlah natrium yang dimasukkan banyak, bukan tidak mungkin dapat menimbulkan ledakan.

Mengenal senyawa lain natrium, selain natrium benzoat

Natrium yang kita kenal ini bukan merupakan unsur murni sehingga dapat membentuk senyawa lainnya dengan unsur yang lain. Selain menjadi natrium benzoat, dapat juga menjadi natrium hidroksida. Ini banyak dimanfaatkan misalnya untuk pembuatan deterjen. Mononatrium glutamat dimanfaatkan untuk penambah rasa pada makanan. Natrium karbonat dimamfaatkan untuk pembuatan detergen. Natrium klorida dimanfaatkan untuk membuat garam dapur dan juga sebagai bahan pengawet makanan. Dan Natrium bikarbonat dimanfaatkan untuk bahan pengembang membuat roti atau kue dan juga dapat dibuat untuk obat antacid, yaitu obat untuk maag.

Sebagian besar mamfaat dari natrium benzoate dan senyawa lainnya merupakan bahan yang dapat dijadikan sebagai bahan pengawet makanan. Hal itu dilakukan sebagai salah satu usaha mengawetkan makanan agar dapat bertahan lebih lama karena beberapa faktor, misal kebutuhan untuk usaha dan kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri. Segala sesuatu yang ada di bumi ini selalu ada dampak positif dan negatifnya, begitu juga dengan natrium benzoat. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat membuat kebijakan sendiri dalam menggunakannya atau mengonsumsi makanan atau minuman. Salah satunya mungkin dengan tidak berlebihan mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung natrium benzoat.

Itulah Kegunaan senyawa natrium benzoat yang digunakan segai pengawet bahan makanan, semoga dapat menjadi salah satu sumber informasi yang bermamfaat.

Selanjutnya : Mengintip Kehidupan di Dolly Surabaya
Sebelumnya: Berapa kecepatan maksimal cbr 150
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar