Bagaimana Kehidupan Dulu Sebelum Ada Modem?

Sebagai salah satu perangkat utama untuk mengakses internet, modem kini menjadi barang wajib bagi sebagian masyarakat. Keberadaannya juga dinilai sangat penting sehingga kini modem tersedia dalam berbagai versi dan bentuk. Bahkan, ponsel pun kini dapat berfungsi sebagai modem.

Melihat kondisi semacam ini, apakah sebenarnya modem? Apa sajakah jenisnya? Jika modem merupakan kunci utama untuk menggali informasi sedalam-dalamnya dari internet, lantas bagaimana kehidupan dulu sebelum ada modem? Simak uraiannya.

Apakah Modem Itu?

Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator yang berfungsi sebagai salah satu perangkat utama untuk merakit jaringan komputer agar dapat terhubung dengan internet. Dalam proses tersebut, jaringan akan mengirimkan sinyal digital yang kemudian dialihkan dalam bentuk gelombang . Gelombang inilah yang dapat menyambungkan media telekomunikasi/ perangkat dengan data/informasi dari suatu jaringan.

Secara umum, modem dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya model wired/modem kabel, modem nirkabel/tanpa kabel, modem internal, modem eskternal, model analog, modem CDMA, model GSM, dan modem broadband. Masing-masing pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Yang membedakan umumnya adalah kecepatan dan cara kerjanya dalam mengirim sinyal dan gelombang.

Maka, modem merupakan produk perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi yang sangat canggih. Kehadirannya mampu memberikan kemudahan, tak hanya untuk berkomunikasi secara umum, tetapi juga mengakses pengetahuan tanpa batas.

Bagaimana Kehidupan Tanpa Modem?

Meskipun kini modem telah menjadi salah satu perangkat pokok untuk mencari informasi, kehidupan manusia tidak seharusnya selalu bergantung pada perangkat satu ini. Modem memang terhubung pada akses tanpa batas dimana manusia dapat memperoleh informasi dan pengetahuan seluas dan sebesar yang mereka inginkan.

Namun, gambaran bagaimana kehidupan dulu sebelum ada modem dapat menjadi bukti bahwa modem bukanlah segalanya. Kini, orang hanya perlu tersambung dengan internet untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Efek yang timbul mungkin sesama manusia akan lebih sering berinteraksi di dunia maya. Sedangkan dulu sebelum ada modem, manusia umumnya bertemu ketika akan berinteraksi langsung.

Begitupun untuk memperoleh pengetahuan tambahan. Dulu, orang perlu mencari dan membaca buku dengan seksama atau berdiskusi langsung dengan ahlinya, tetapi kini semua hal tersebut tersedia secara cuma-cuma di dunia maya baik dalam bentuk buku online, video, dan sebagainya.

Kesimpulannya, bagaimana kehidupan dulu sebelum ada modem? Akses untuk mendapatkan informasi mungkin memang lebih sulit, tetapi adanya modem sebagai penghubung komunikasi tak langsung dapat menjadi akar menurunnya interaksi sosial di kehidupan manusia.

Selanjutnya : Harga Antena TV Dalam yang Bagus dan Jernih
Sebelumnya: Makanan Bayi Usia 3 Bulan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini