Kehidupan Masyarakat Kerajaan Samudra Pasai


Sejak zaman dulu Indonesia terkenal dengan banyaknya berdiri kerajaan-kerajaan yang sangat menguasai daerah yang sangat luas. Kerajaan-kerajaan tersebut yang sangat terkenal adalah Kerajaan Majapahit, Samudra Pasai, Padjadjaran, Mataram, Banten, Ternate, dan sebagainya. Pada kali ini yang akan dibahas adalah kerajaan Samudra Pasai dan kehidupan masyarakat kerajaan Samudra Pasai.

Kerajaan Samudra Pasai ini terbilang kerajaan Islam pertama yang cukup besar pengaruhnya pada kerajaan lain di sekitarnya. Karena Kerajaan Samudra Pasai ini terletak dekat dengan Selat Malaka dan berada di daerah dataran Aceh, maka banyak kapal layar yang berlabuh untuk melakukan perdagangan rempah-rempah di jalur lintas internasional ini.

Kehidupan Kerajaan Samudra Pasai sangatlah maju. Kapal dagang dari arah timur pastilah melintasi Selat Malaka ini. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika rakyat Kerajaan Samudra Pasai memiliki kehidupan yang cukup berkembang di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Dalam bidang perekonomian Kerajaan Samudra Pasai mendirikan berbagai bandar atau pelabuhan kapal untuk berbagai keperluan, di antaranya adalah untuk mengumpulkan barang-barang yang akan disebarkan ke seluruh pelosok tanah air dan sebagain lagi untuk dikirim ke luar nusantara, untuk menambah segala perbekalan yang akan digunakan sebagai bekal pelayaran yang akan datang, dan digunakan sebagai tempat untuk mengatasi masalah kapal-kapal layar yang akan diperbaiki.

Sementara itu dalam bidang sosial, masyarakat Samudra Pasai hidup berdasarkan nilai dan hukum agama Islam yang kental yang sesuai dengan kehidupan masyarakat yang ada di Mesir dan Arab.

Kerajaan Samudra Pasai dipimpin oleh raja bernama Sultan Malikul Saleh kemudian dilanjutkan dengan putranya yang bernama Sultan Malikul Thahir. Kehidupan masyarakat Samudra Pasai memang cukup berkembang karena saat itu belum ada persaingan yang dapat mempengaruhi keadaan ekonomi mereka. Barulah ketika pusat perdagangan di Selat Malaka mulai dikuasai oleh kemunculan Kerajaan Malaka, posisi Kerajaan Samudra Pasai mulai kehilangan pengaruhnya.

Oleh karena itu, secara tidak langsung kehidupan masyarakat Kerajaan Samudra Pasai mulai berangsur-angsur berubah dalam bidang ekonomi dengan adanya Kerajaan Malaka.

Selanjutnya : XXI Harga Tiket Weekdays
Sebelumnya: Kantor Pusat Agoda di Asia Fasifik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar