Kehidupan Masyarakat Nelayan di Indonesia dari Masa ke Masa


Negara Indonesia ini sejak zaman dulu hingga sekarang sudah terkenal dengan sebutan sebagai negara kepulauan atau negara maritim. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ada sekitar 17.000 pulau lebih yang dimiliki oleh Indonesia. untuk itulah sebutan sebagai negara maritim ini tidaklah berlebihan karena hampir 70% negara Indonesia ini terdiri dari lautan. Dengan adanya lautan yang luas ini menjadikan masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai nelayan di daerah yang memiliki sumber daya lautnya yang melimpah. Kehidupan masyarakat nelayan di Indonesia pada zaman dulu memang sangat menjanjikan. Kekayaan laut pada saat itu masih melimpah dan sektor perikanan menjadi primadona dalam berniaga. Ini dapat kita lihat dari banyaknya nelayan yang beraktivitas di atas lautan yang sekaligus sebagai perantara antarpulau untuk saling berkomunikasi dalam sehari-hari.

Kehidupan Nelayan Indonesia

Lain dulu lain sekarang. Mungkin itulah pepatah yang cocok untuk nelayan Indonesia. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, kehidupan nelayan sekarang ini sungguh memprihatinkan. Banyak nelayan yang beralih profesi menjadi pedagang, pekerja bangunan atau pekerja lainnya dikarenakan kehidupan sebagai nelayan sudah tidak lagi seindah dulu. Hal ini ditandai dengan mahalnya biaya untuk melaut dikarenakan bahan bakar perahu yang digunakan masih tradisional sehingga para nelayan mencari ikannya hanya sesekali saja.

Selain itu, banyak sekali perusahaan lokal maupun asing yang memiliki perahu yang cukup canggih dalam mencari ikan di lautan. Oleh karena itu, secara tidak langsung dapat mempengaruhi pendapatan para nelayan tradisional. Mengapa demikian? Karena hasil tangkapan laut yang dilakukan dengan perahu modern akan mempercepat perdagangan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Namun, semuanya tidaklah selalu demikian. Kehidupan masyarakat nelayan di Indonesia sekarang ini juga ada yang terbilang sukses dan bertahan. Mereka bertahan sampai sekarang ini dan dapat mengatur sistem perikanan dengan baik. Sumber daya alam yang dihasilkan dapat dikelola dengan tidak merusak habitat yang ada di laut sehingga mereka dapat menjaga kehidupan di laut tersebut untuk diambil kembali di masa yang akan datang.

Selanjutnya : Judul Psikologi untuk Karya Ilmiah di Era Modern
Sebelumnya: Ciri Merpati Balap Trah Jabar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar