Kehidupan Masyarakat Pedesaan dan Berbagai Permasalahannya


Apa yang terlintas di benak ketika terucap kata pedesaan? Mungkin ada yang terlintas hamparan sawah yang hijau, aliran sungai yang jernih, udara yang segar dan sejuk, dan gambaran lainnya. Memang gambaran keindahan memang selalu melekat dengan kehidupan di pedesaan. Kehidupan pedesaan dan perkotaan memang memiliki perbedaan yang mencolok jika dilihat dari berbaga sektor. Misalnya, dari segi pembangunan, perkotaan memang jauh lebih banyak mengalami kemajuan dibandingkan di pedesaan. Selain itu, kehidupan masyarakat pedesaan pun jauh berbeda dengan di perkotaan.

Budaya gotong royong dan tolong menolong menjadi ciri khas masyarakat pedesaan, berbeda jauh dengan masyarakat kota yang cenderung lebih mengedepankan sikap individualisnya.

Karakteristik masyarakat pedesaan bisa terlihat dari aspek tata masyarakat dan perekonomian yang menggerakkan kehidupan di pedesaan yang menjadi pembeda dengan kehidupan masyarakat di daerah perkotaan. Dominasi mata pencaharian masyarakat desa adalah bertani danĀ  bercocok tanam. Mereka akan memenuhi kebutuhan diri sendiri dari hasil yang didapat dari ladang sendiri. Karena sebagian besar bermatapencaharian petani, menjadikan masyarakat pedesaan relatif lebih homogen dibandingkan masyarakat perkotaan yang heterogen.

Dari segi sosial, masyarakat pedesaan juga bersifat statis. Saat menghadapi suatu permasalahan, maka masyarakat akan bersama-sama merundingkannya dalam bentuk musyarawah di tengah rasa kekeluargaan yang masih sangat kental.

Berbagai permasalahan sedang dihadapi masyarakat pedesaan, salah satunya adalah lambatnya pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Penyebabnya tentu belum terbangunnya inftrastruktur yang layak dan memadai yang bisa membantu kelancaran kegiatan dan mobilisasi warga.

Selain itu, arus urbanisasi yang begitu dahsyat, misalnya karena iming-iming kehidupan perkotaan yang nyaman dan mewah membuat para pemuda berbondong-bondong meninggalkan desa untuk mengadu nasib ke kota. Dampaknya tentu sangat banyak, tidak ada generasi yang melanjutkan pembangunan desa, tidak ada generasi yang akan melanjutkan untuk mengurus, mengelola, dan merawat ladang-ladang dan menjadikan kehidupan pedesaan menjadi tidak kunjung mengalami kemajuan.

Solusi untuk mengatasi permasalahan di pedesaan ini tentu yang utama adalah pemerataan pembanguan, dibangunnya berbagai fasilitas di pedesaan dan dibukanya lapangan pekerjaan massal di pedesaan. Dengan begitu diharapkan kehidupan masyarakat pedesaan menjadi lebih baik dan sejahtera, tanpa harus menanggalkan karakteristik kuat yang melekat.

Selanjutnya : Manfaat Samurai Jepang
Sebelumnya: Akhir dari Cerita Naruto Terbukanya Rahasia Pria Bertopeng
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar