Beberapa Keistimewaan Peradaban Lembah Sungai Indus

Lembah Sungai Indus terletak di bagian Barat Laut India. Ada sebuah peradaban yang terkenal di Lembah Sungai Indus, nama peradaban tersebut adalah peradaban Mohenjodaro-Harappa yang berkembang sekitar tahun 2300 SM.

Alasan pemberian nama peradaban Mohenjodaro-Harappa karena penemuan dari sisa-sisa peradaban lembah Sungai Indus tersebut berada di dua kota yang masing-masing bernama Mohenjodaro dan Harappa dengan penghuni yang berasal dari Suku Dravida.

Loading...

Ada beberapa keistimewaan peradaban lembah Sungai Indus yang ditemukan oleh para arkeolog yang melakukan penelitian di wilayah sekitar lembah Sungai Indus.

Keistimewaan-keistimewaan tersebut menunjukkan bahwa peradaban di Lembah Sungai Indus memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan peradaban kuno di wilayah lainnya. Beberapa keistimewaan peradaban tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Kepercayaan di Lembah Sungai Indus

Masyarakat Lembah Sungai Indus sebagian sudah mengenal sistem penguburan jenazah, sebagian lagi melakukan pembakaran jenazah seperti yang ada di kota Mohenjodaro.

Masyarakat Lembah Sungai Indus ini memuja seorang Dewi yang memiliki julukan “Mother Goddes” yang banyak dilukiskan di belanga serta jimat-jimat.

2. Sosial Budaya yang Sudah bisa Dikatakan Tinggi

Masyarakat penghuni Lembah Sungai Indus pada peradaban Mohenjodaro-Harappa sudah mengenal sistem adat istiadat yang bisa dilihat dari peninggalan-peninggalannya berupa benda-benda keseharian. Mereka pun sudah bisa membuat alat-alat untuk keperluan sehari-hari seperti periuk dan belanga.

Para arkeolog dan peneliti peradaban Lembah Sungai Indus banyak menemukan benda-benda peninggalan peradaban yang bisa dijadikan patokan akan apa yang terjadi pada masa peradaban tersebut berdiri.

Selain itu, ada juga penemuan materai dengan isi tulisan pendek. Huruf yang digunakan dalam materai itu adalah huruf piktograf (huruf yang seperti gambar) yang masih belum diketahui artinya.

Belajar mengenai peradaban Lembah Sungai Indus akan menambah pengetahuan kita mengenai peradaban-peradaban kuno yang berada di berbagai belahan dunia yang beberapa di antaranya ada yang saling berhubungan.

Keistimewaan peradaban Lembah Sungai Indus merupakan bagian yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah makalah atau untuk kembali diteliti dengan cara mencari berbagai referensi peradaban Mohenjodaro-Harappa Lembah Sungai Indus.

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Alat Ukur yang Ada di Sekitar Kita
Sebelumnya: Cara Pengembangbiakan Mamalia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar