Inilah Keistimewaan Taman Pintar Yogyakarta


Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata yang cukup populer yang berlokasi di kota pelajar, Yogyakarta. Apa sih keistimewaan Taman Pintar ini sehingga membuatnya begitu populer? Taman Pintar adalah salah satu tujuan wisata yang penuh muatan pendidikan di dalamnya. Namun, sebelum kita membahas keistimewaan Taman Pintar Yogyakarta, alangkah baiknya kita mengetahui asal-usul atau sejarah dibangunnya Taman Pintar di kota pelajar ini.

Pembangunan Taman Pintar ini awalnya merupakan ide dari wali kota Yogyakarta saat itu, yakni Herry Zudianto, SE.Akt, MM. Menurut beliau, Taman Pintar ini dapat menjadi bekal pembelajaran bagi anak-anak dan siswa sekola dalam menghadapi perkembangan dunia yang begitu cepat. Kehadiran Taman Pintar ini diharapkan mampu menjadi media untuk para siswa dan anak-anak untuk mempelajari sesuatu atau mempelajari materi pelajaran dari sekolah. Selain itu, Taman Pintar Yogyakarta ini juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan sains  dan mengasah kreatifitas anak pra-sekolah maupun siswa sekolah.

Taman Pintar ini dibangun pada sebidang tanah yang berukuran cukup luas, yakni 12.000 meter persegi. Taman Pintar ini mulai didirikan atau dibangun pada bulan Mei 2006, dan kemudian selesai dan diresmikan pada 9 Juni 2007 oleh Sultan Hamengkubuwono X selaku gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan bersama dua orang Menteri, yakni Menteri Riset dan Teknologi atau Menristek, Kusmayanto Kadiman P.hD dan Menteri Pendidikan Nasional atau Mendiknas yang saat itu dijabat oleh Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Salah satu keistimewaan Taman Pintar Yogyakarta ini adalah konsep yang diusungnya sangat kental muatan pendidikan. Taman Pintar mengkombinasikan konsep taman bermain dengan konsep pendidikan yang memperkenalkan anak-anak pra-sekolah dan siswa dengan khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh Taman Pintar Yogyakarta ini adalah lengkapnya wahana pendidikan yang ada lokasi tersebut. Taman yang berbiaya 53 milyar ini terbagi menjadi enam zona atau area dimana masing-masing area mengusung tema pendidikan yang berbeda. Keenam zona yang terdapat di Taman Pintar ini antara lain adalah Gedung Oval lantai 1 dan lantai 2, Gedung Kotak Lantai 2, Gedung PAUD timur dan Gedung PAUD barat, Playground Area, dan yang terakhir adalah Gedung Memorabilia. Setiap zona memiliki wahana sesuai tema pendidikan yang cukup lengkap.

Penasaran? Datanglah ke Yogyakarta dan rasakan sendiri keistimewaan Taman Pintar.

Selanjutnya : Kecelakaan Yang Terjadi Pada Penggunaan Computer
Sebelumnya: Kata-kata yang Enak Didengar bikin Hati Nyaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar