Kejadian Bencana Alam di Indonesia Paling Besar


Kejadian bencana alam di Indonesia memang tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya dan seberapa parah dampak yang ditimbulkan. Ada bencana alam yang kecil seperti banjir, longsor, ada juga kejadian alam yang sangat besar seperti tsunami dan gempa bumi. Sepanjang sejarah, ada beberapa kejadian alam terbesar yang terjadi di Indonesia.

Meletusnya Gunung Tambora

Bencana alam ini terjadi tahun 1815 dengan letusan yang sangat besar. Letusan ini berpengaruh pada keadaan iklim secara global dalam kurun waktu yang cukup lama. Aktivitas gunung baru berhenti beberapa bulan setelah terjadinya letusan. Selain berdampak pada iklim, letusan ini juga mengakibatkan terjadinya tsunami besar yang melanda beberapa pulau di sekitarnya dengan ketinggai sekitar 4 meter.

Tsunami Gunung Krakatau

Tsunami ini terjadi tahun 1863. Letusannya puluhan ribu kali lipat dari bom atom Jepang. Karena besarnya ledakan, suaranya terdengar hingga ke Afrika dan Australia. Kejadian ini menelan korban lebih dari 36.000 jiwa. Tsunami ini bahkan sampai ke Hawaii.

Tsunami Ende

Tsunami Ende terjadi tahun 1992 setelah terjadinya gempa bumi di pantai utara pulau Flores. Getaran gempa terasa hingga ke pulau Bali. Kejadian ini menewaskan sekitar 2000 jiwa. dan merusak 18.000 rumah. Ada sesuatu yang menarik dari kejadian ini, yaitu penduduk tewas yang berjenis kelamin wanita lebih banyak dua kali lipat dari yang laki-laki.

Tsunami Aceh

Kejadian bencana alam di Indonesia ini terjadi tahun 2004 lalu yang diakibatkan oleh adanya gempa bumi di dasar laut dengan kekuatan 8,5 SR. Tidak hanya di Indonesia, bahkan beberapa Negara terkena imbasnya seperti Sri Langka, Malaysia, Bangladesh, Thailand, dan Maladewa.

Gempa Yogyakarta

Gempa tektonik ini terjadi tahun 2006. Gempa berkekuatan 5,9 SR ini menelan korban meninggal sekitar 5.700 orang, puluhan ribu korban luka, dan ratusan ribu rumah rusak karenanya.

Gempa Bumi Sumatera Barat

Kejadian ini terjadi tahun 2009 di pantai Sematera Barat. Gempa berkekuatan 7,6 skala richter ini mengakibatkan rusaknya rumah serta infrastruktur di beberapa wilayah di Sumatera Barat. Sekitar 6200 lebih orang meninggal, 3000 lebih orang terluka, dan ratusan ribu rumah rusak dalam kejadian ini.

Semoga kejadian bencana alam di indonesia ini dapat mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan dan selalu lestarikan alam agar bencana tidak terus terulang. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kekayaan Alam Indonesia Yang Keuntungannya Banyak
Sebelumnya: Sejarah Mega Pro Honda Sang Raja Jalanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar