Kejadian Pasang Surut Air Laut


Kejadian pasang surut air laut disebabkan oleh bumi yang menjalankan proses revolusi dan rotasi bumi. Kita pasti sudah akrab dengan istilah ini bukan? Terlebih lagi bagi orang yang tinggal di pantai ataupun suka berwisata ke pantai.  Selain keindahan terbit dan terbenamnya matahari yang jelas terlihat, juga terdapat aktivitas gelombang yang berubah seiring dengan gerakan matahari. Masih ingatkah apa hal itu? Revolusi bumi adalah ketika bumi berputar mengelilingi matahari, sedangkan rotasi bumi adalah bumi berputar pada porosnya. Revolusi inilah yang menyebabkan banyak kejadian alam salah satunya adalah pasang surut air laut.

Apa Itu Pasang Surut?

Pasang surut air laut adalah fenomena naik turunnya permukaan  air laut secara berkala yang mengakibatkan kombinasi gaya gravitasi bumi dan gaya tarik-menarik  dari benda-benda astronomi lainnya terutama komponen matahari, bulan dan bintang. Perbedaan vertikal pasang tinggi/puncak gelombang dan pasang rendah/lembah gelombang disebut rentang pasang surut (tidal range). Waktu untuk pasang surut berkisar antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Manfaat kejadian pasang surut air laut ini adalah salah satunya sebagai sumber energi. Sifat sumber energi ini dapat diperbaharui dan tidak menghasilkan polusi sebagaimana energi air. Kejadian pasang surut air laut akan menguntungkan Indonesia jika dapat dimanfaatkan secara optimal mengingat wilayah Nusantara yang dikelilingi oleh lautan.

Terjadinya Pasang Surut Air Laut

Pasang surut ini dipengaruhi oleh gaya sentrifugal bumi dan gaya gravitasi yang berasal dari bulan dan matahari.  Gaya sentrifugal merupakan gaya dorong ke arah luar pusat rotasi bumi dimana besaran gayanya mendekati atau hampir sama dengan tenaga yang ditarik ke permukaan bumi. Gaya tarik gravitasi bulan besarnya dua kali gaya tarik matahari dalam membangkitkan pasang surut laut. Hal ini dikarenakan jarak bulan yang lebih dekat daripada jarak matahari ke bumi.

Faktor lainnya yang mempengaruhi adalah gravitasi bumi, revolusi bulan terhadap bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari, serta faktor-faktor nonastronomi lainnya seperti perairan semi tertutup, garis pantai, dan topografi perairan.

Demikianlah pembahasan tentang kejadian pasang surut air laut yang dapat disajikan kepada Anda, semoga bermanfaat. Rajin-rajinlah main ke laut karena laut adalah anugerah Allah yang paling indah yang dapat Anda nikmati di dunia ini. Beragam hal menarik bisa kita dapatkan ketika berwisata ke laut ataupun pantai.

Selanjutnya : Situs-situs Free Download Lagu
Sebelumnya: Fungsi Enzim yang Dihasilkan oleh Pankreas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar