Kejahatan Genosida, Kejahatan yang Sangat Keji


Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan melalui perantaraan janin seorang perempuan. Ia memiliki hak untuk hidup dan mempertahankan hidupnya. Nyawa manusia sangat berharga, itulah salah satu sebabnya mengapa ada hukuman bagi orang yang menghilangkan nyawa orang lain. Tidak terbayangkan ada kejahatan genosida yang menghilangkan nyawa manusia dengan sengaja secara besar-besaran.

Apa Itu Genosida?

Apa kalian tahu apa genosida itu? Genosida adalah menghilangkan nyawa secara besar-besaran atau bisa disebut dengan pembantaian dengan tujuan untuk menghancurkan sebagian atau satu golongan tertentu, suku tertentu dan kelompok agama tertentu. Genosida merupakan bentuk kejahatan yang sangat keji dan akan memberikan trauma yang sangat dalam bagi korban yang berhasil selamat dan bagi mereka yang menyaksikan kejahatan brutal dan kejam tersebut.

Ada banyak sekali peristiwa-peristiwa pembantaian yang ada di dunia ini dari zaman dulu ketika belum adanya undang-undang hak asasi manusia sampai saat ini setelah terbentuknya berbagai undang-undang dan hukum yang mengatur hal tersebut. contoh genosida pada zaman sebelum Masehi adalah pembunuhan bangsa Kanaan oleh bangsa Yahudi atau ketika terjadi Perang Dunia kedua terjadi pembantaian yang dilakukan oleh Nazi.

Lalu apakah di Indonesia pernah terjadi pembantaian atau genosida? Ada beberapa konflik di Indonesia yang menyebabkan terjadinya pembunuhan besar-besaran atau pembantaian. Misalnya adalah kasus kerusuhan antarsuku di Sambas Kalimantan Barat sekitar tahun 1999.

Konflik tersebut terjadi karena pertikaian yang sering terjadi antara etnis pribumi dan pendatang sehingga pada akhirnya memuncak menjadi sebuah pertikaian yang hebat dan telah menghilangkan sekitar 450 korban jiwa dan sekitar 200 orang mengalami luka-luka. Belum kerugian materi yang menyebabkan kerusakan parah pada rumah-rumah penduduk, kendaraan dan fasilitas umum seperti bangunan sekolah dan tempat ibadah. Dalam kasus genosida ini akan banyak korban jiwa dan kerugian materi yang diderita dan yang lebih mengkhawatirkan adalah trauma berkepanjangan bagi korban, keluarga, atau orang-orang yang melihat kejadian tersebut sehingga butuh penyembuhan dari traumanya.

Itu adalah satu contoh kasus kejahatan genosida yang terjadi di bumi kita ini walaupun masih banyak lagi kasus-kasus lainnya semoga ke depannya tidak akan ada lagi kejahatan yang sangat brutal dan membabibuta tersebut dan semoga bumi ini cinta akan perdamaian dan penyelesaian konflik dengan baik.

Selanjutnya : Membuat Judul Skripsi Komunikasi
Sebelumnya: Artikel tentang Manusia dan Lingkungan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar