Kelainan dan Penyakit pada Tulang


Apa yang dimaksud kelainan dan penyakit pada tulang? Anda pastinya pernah mendengar tentang osteoporosis? Ya, osteoporosis ini merupakan suatu kelainan yang dialami oleh tulang karena adanya kekurangan suatu hormon tertentu dan zat kalsium yang dibutuhkan oleh tulang sehingga tulang menjadi lunak. Atau contoh lainnya adalah kelainan rakhitis, mikrosefalus, atau kelainan bentuk tulang.

Hampir dari semua kelainan pada tulang tersebut disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan yang buruk, juga ada sebagian penyakit tersebut disebabkan oleh faktor keturunan. Berikut ini adalah ada beberapa kelainan dan penyakit pada tulang yang sering dialami oleh manusia.

1. Kelainan Osteoporosis

Kelainan pada tulang ini terjadi disebabkan karena kalsium yang ada dalam tulang diserap oleh tubuh sehingga tulang mengalami keropos atau kekurangan kalsium. Selain itu, adanya kekurangan hormon tertentu yang mengakibatkan tulang menjadi lunak sehingga perekatan tulang jadi kurang.

2. Kelainan Tulang Belakang

Kelainan ini terjadi disebabkan oleh kebiasaan cara duduk yang salah ketika menulis atau membaca dan berlangsung selama bertahun-tahun. Kelainan ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu lordosis, tulang bagian leher dan panggul maju ke depan; kifosis, posisi tulang punggung dan panggul menjorok ke belakang; skoliosis, tulang punggung membengkok ke samping kiri atau kanan.

3. Kelainan Tulang Kepala (Mikrosefalus)

Kelainan pada tulang kepala ini terjadi disebabkan oleh adanya kekurangan kalsium yang dialami ibu hamil sehingga dapat memengaruhi pada janin yang dikandungnya. Hal ini dapat berakibat pada bayinya yaitu akan mengalami kelainan pada tengkorak kepala bayi (mikrosefalus) karena kekuang zat kalsium.

4. Kelainan pada Pertumbuhan

Kelainan pada pertumbuahan ini terjadi karena tubuh kekurangan vitamin yang dibutuhkan oleh pembentukan tulang yaitu vitamin D. Adanya vitamin D ini pada tubuh karena dibentuk oleh bantuan sinar matahari.

Tubuh manusia sangat memerlukan vitamin D ini. Apabila tubuh kurang vitamin D akan mengakibatkan kelainan pada bentuk tubuh seperti rakhitis. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya bentuk kaki yang menyerupai bentuk O atau X.

Demikian sekilas tentang kelainan dan penyakit pada tulang ini yang dapat disajikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca yang peduli akan kesehatan tulang dan tubuh.

Selanjutnya : Sepatu Pria Kickers Di Indonesia
Sebelumnya: Resiko Bencana Alam Sebagai Dampak Gangguan Pada Siklus Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar