Mengatasi Kelangkaan Barang yang Disebabkan Faktor yang Bisa Diantisipasi


Adakalanya suatu barang sulit ditemukan di pasaran. Kalau sudah begini biasanya harga akan melambung tinggi hingga berkali-kali lipat dari harga semula. Contohnya saja kelangkaan bawang merah dan bawang putih yang baru-baru ini terjadi dan kelangkaan bahan bakar minyak di beberapa tempat di Indonesia. Kelangkaan barang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebab kelangkaan barang yang sulit untuk diatasi adalah kelangkaan barang yang disebabkan oleh faktor-faktor tak terduga. Sedangkan penyebab lainnya masih bisa diantisipasi.

Faktor-faktor tak terduga yang dimaksud adalah bencana alam. Bencana alam seperti tsunami, banjir, gempa, angin puting beliung, dan bencana alam sejenis lainnya dapat merusak sumber daya yang menghasilkan suatu barang dan juga menghambat distribusi suatu barang. Akibatnya, daerah lain pun tidak mendapatkan pasokan suatu barang. Satu-satunya solusi untuk menghadapi keadaan ini adalah menunggu hingga bencana alam tersebut tertanggulangi atau mencari pasokan barang dari sumber lain.

Selain faktor tak terduga, faktor yang sebenarnya bisa diantisipasi juga sering muncul sebagai penyebab kelangkaan suatu barang. Faktor ini antara lain rusaknya sumber daya alam yang memasok barang tersebut, kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan keterbatasan sumber daya alam dalam menyediakan pasokan barang. Rusaknya sumber daya alam bisa diantisipasi dengan cara menjaga dan menerapkan peraturan secara tegas untuk menjaga sumber daya alam.

Sedangkan kelangkaan barang yang disebabkan kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan keterbatasan alam dalam menyediakan pasokan dapat diantisipasi dengan menciptakan barang pengganti dengan fungsi dan kemampuan yang setara.  Misalnya saja bahan bakar minyak dari perut bumi yang diganti dengan bahan bakar bioenergi yang dihasilkan dari bahan nabati atau yang dikenal dengan istilah bahan bakar nabati (BBN).

Kelangkaan barang yang disebabkan oleh faktor-faktor, baik yang terduga maupun yang bisa diantisipasi ini tentu menimbulkan kesusahan bagi sebagian besar orang. Banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalanya, memanfaatkan barang lain sebagai pengganti barang yang mengalami kelangkaan.

Selanjutnya : Pembagian Kelas Fungi yang Patogen
Sebelumnya: Senjata Andalan yang Menjadi Kekuatan Militer Pemerintah Suriah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar