Kelapa Sawit dan Manfaatnya


Bagi ibu-ibu rumah tangga tentunya tahu apa itu kelapa sawit, bukan? Kelapa sawit merupakan komoditas utama dalam pembuatan minyak sayur atau minyak nabati. Kelapa sawit ini berupa pohon sejenis palm yang dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tinggi dari pohon tersebut dapat mencapai belasan meter.

Kelapa Sawit

Sekilas pohon kelapa sawit ini mirip dengan pohon salak, namun pohon kelapa sawit tidak mempunyai duri yang tajam-tajam seperti halnya pohon salak. Tanaman sawit memilliki variasi warna tertentu bergantung dari jenis bibit yang digunakan seperti warna ungu, merah, atau pun hitam. Akan tetapi, semua itu merupakan tanaman yang menghasilkan buah sawit yang akan diproses menjadi minyak nabati nantinya.

Buah sawit yang dihasilkan pada tanaman tersebut akan terlihat bergerombol yang muncul dalam tandan dari setiap pelepah yang ada. Nah, buah inilah yang merupakan bahan utama dalam pembuatan minyak nabati atau minyak sayur yang kita gunakan sehari-hari.

Kandungan minyak tersebut didapat dari daging kelapa sawit dan kulitnya. Buah yang matang ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan margarin, bahan untuk kosmetika, pembuatan sabun sampai pada bahan baku farmasi, pembuatan lilin dan sebagainya.

Buah sawit ini memang sangat dibutuhkan oleh hampir semua pabrik industri karena manfaat yang sangat banyak terkandung dalam buah tersebut. Bahkan ampasnya dapat digunakan sebagai makanan ternak.

Kelapa sawit merupakan tanaman yang sangat banyak manfaatnya, apalagi buahnya. Kelapa sawit ini pada awalnya didatangkan dari Afrika Barat oleh pemerintahan Hindia-Belanda pada waktu zaman kolonial. Semula kebutuhan kelapa sawit ini hanya sebagai komoditas biasa dalam industri rumah tangga.

Akan tetapi, permintaan akan kelapa sawit ini mengalami peningkatan yang sangat pesat untuk dijadikan minyak. Komoditas minyak kelapa sawit sangat meningkat dan menjadi komoditas utama selain minyak bumi.

Manfaat lainnya dari buah sawit ini selain sebagai minyak nabati juga dapat digunakan dalam industri pangan lainnya. Misalnya dalam pembuatan makanan seperti krim susu.

Banyak yang melirik usaha perkebunan kelapa sawit karena hampir semua bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan. Anda berminat mencoba berusaha kelapa sawit? Selamat mencoba.

Selanjutnya : Membuat Kecap Dari Nira Tebu
Sebelumnya: Kelainan-kelainan pada Menstruasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar