Kelebihan dan Kekurangan Buku


Pepatah lama yang mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia, kini seakan mulai ditinggalkan oleh generasi sekarang. Namun, sebagian orang lagi masih memercayai pepatah tersebut. Lantas, adakah kelebihan dan kekurangan buku?

Mungkin setiap orang pernah memegang atau membuka sebuah buku. Tetapi, tahukah apa pengertian dari buku? Buku merupakan kumpulan kertas yang berisikan informasi, dan setiap lembar kertarnya disebut dengan halaman. Tak jarang sebuah buku dilengkapi oleh grafis dan gambar, sehingga dapat menimbulkan minat baca pada seseorang.

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan buku.

Kelebihan Buku

Setiap buku pasti lah memiliki kelebihan tersendiri, di antaranya:

1. Dapat Disentuh

Bukan hanya buku yang kini menyediakan sumber bacaan. Berkembangnya dunia teknologi, lebih memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, seperti lahirnya internet. Lahirnya internet, membuat keberadaan buku menjadi terancam. Namun, bagi mereka yang suka mengoleksi buku, memiliki keuntungan atau kelebihan tersendiri yakni bisa disentuh, dan hebatnya lagi buku dalam bentuk nyata bisa dijadikan sebagai hiasan dalam suatu ruangan.

2. Sumber Referensi Terpercaya

Tidak semua sumber referensi bacaan bisa dijadikan acuan, apalagi untuk menulis sebuah karya tulis kajian pustaka. Buku memegang peranan penting di sini. Ini lantaran, buku bisa dijadikan sebagai sumber data dan bisa dimasukkan dalam daftar pustaka ketika mengambilnya sebagai bahan tambahan dalam penulisannya.

3. Hemat

Sebenarnya membaca sebuah buku membuat seseorang menjadi hemat. Hemat yang dimaksudkan di sini yakni tidak adanya biaya tambahan untuk membayar listrik tambahan untuk pemakaian komputer, khususnya jika digunakan untuk mengambil bahan bacaan.

Kekurangan Buku

Buku juga pasti memiliki kekurangan. Kekurangannya yakni:

1. Mudah Rusak

Sebuah buku ternyata memiliki usia atau waktu tertentu untuk disimpan. Setiap kertasnya yang berisikan informasi sangat mudah diserang dengan hama buku yang mengakibatkan buku di zaman sekarang dianaktirikan oleh penggila teknologi.

2. Memerlukan Tempat Khusus

Jika Anda penggemar buku, pasti lah membutuhkan tempat penyimpanan khusus untuk buku. Dan, keadaan ini menjadi sangat merepotkan jika rumah Anda kecil dan tidak memiliki tempat khusus untuk meletakkan buku. Alhasil, buku akan diletakkan sembarang tempat dan akan membuat rumah Anda tidak akan nyaman.

3. Butuh Perawatan Khusus

Buku membutuhkan perawatan khusus untuk membuatnya tetap utuh. Misalnya, dengan kembali membungkus buku dengan plastik, untuk menghindari rayap. Jika tidak mau, Anda cukup sebulan sekali membersihkan luaran lembar buku yang menjadi kuning akibat debu dengan menggunakan penghapus pensil.

Itulah kelebihan dan kekurangan buku bagi Anda yang masih suka berburu buku best seller.

Selanjutnya : Indahnya Pulau Rondo Sabang
Sebelumnya: Titik Akupuntur untuk Kesembuhan Diare
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar