Kelebihan Dan Kekurangan Bunga Mawar


Mawar adalah bunga yang cantik, harum, mekar, semerbak tetapi sangat lapuk, sekali petik ia akan layu. Inilah kelebihan dan kekurangan bunga mawar. Di balik sisi yang indah, ternyata mawar sangat lemah. Di balik sisinya yang lemah, ternyata ia bisa melukai dengan duri.

Ungkapan “kesabaran membawa mawar” adalah penggambaran dari penantian seorang gadis (putri) menunggu saat ia dipetik (dilamar) oleh seorang pria idaman (pangeran). Begitu pun sebaliknya, kesabaran seorang laki-laki dalam menemukan pasangan hidup, akan mengantarkannya kepada jodoh. Sebab, cinta yang sedang mekar (simbol mawar) akan berjumpa dengan cinta yang sedang mekar pula. Sementara “revolusi mawar” adalah simbol anti kekerasan untuk melakukan perubahan total tanpa korban nyawa.

Bunga mawar yang selama ini kita kenal dan lihat, mungkin yang terbanyak adalah mawar merah (red rose), sedangkan mawar putih, mawar kuning, mawar hijau, mawar merah jambu, dan mawar liar jarang sekali terlihat.

Mengenal Bunga Mawar

Tinggi mawar sekitar 2 meter, mungkin lebih dan tergolong tanaman merambat. Panjang daunnya antara 15 cm dengan batang berduri. Mawar sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia. Bunga mawar menghasilkan buah dari putik yang terus berkembang. Putik inilah yang diserap lebah untuk membantu penyerbukan bunga supaya menghasilkan banyak bunga. Bukan hanya lebah, burung pun suka memakan buah ini karena mengandung vitamin C. Burung membantu penyebaran biji mawar.

Mawar terdiri atas wild roses, old roses, shrub roses, dan modern roses. Pembagian kelompok ini menghasilkan keturunan mawar dengan varietas berbeda-beda di seluruh dunia.

Sebagaimana tumbuhan pada umumnya, bunga mawar pun dapat terserang penyakit karat daun, sejenis cendawan phragmidium mucronatum. Daun-daun mawar bisa rontok atau terdapat bercak hitam.

Kelebihan Bunga Mawar

Mawar yang hidup dan tumbuh di iklim subtropis (sejuk) memiliki kelebihan antara lain sebagai berikut.

  • Antidepresan
  • Antiviral
  • Antibakteri
  • Anti peradangan
  • Vitamin C
  • Minyak mawar
  • Bahan parfum, teh, dan jeli.

Kelebihan lain bunga mawar adalah karena bernilai ekonomis, terutama untuk bahan baku pembuatan parfum yang sudah digunakan oleh bangsa Persia lalu menyebar ke Arab, India, dan seluruh dunia. Adapun kelemahan bunga mawar adalah karena ia cepat layu setelah dipetik.

Selanjutnya : Berbagai Macam Kandungan yang Terdapat pada Tulang Manusia
Sebelumnya: Langkah-langkah Membuat Puisi Sekolah dalam Bahasa Sunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar