Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando/Terpimpin


Sistem ekonomi komando/terpimpin merupakan sistem ekonomi yang pengendalian kegiatan ekonominya didominasi oleh negara. Seluruh kegiatan baik produksi, distribusi, maupun konsumsi dikuasai oleh negara. Peran pasar juga digantikan dengan pengesahan atau rationing sehingga pemerintah dapat dengan mudah mengawasi kegiatan perekonomian dan pendapat antarlapisan masyarakat dapat terjamin. Dengan demikian tujuan dari kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan bersama dapat tercapai. Namun sayangnya karena kegiatan ekonomi dalam sistem ekonomi komando didominasi oleh negara atau pemerintah, maka swasta dan perorangan hampir tidak memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Sistem ekonomi komando ini biasanya dianut oleh negara yang berideologi komunis sosialis, meskipun pada kenyataannya negara-negara tersebut tidak menganutnya secara murni. Contoh negara-negara yang menganut sistem ekonomi tersebut antara lain Kuba, Uni Soviet, Eropa Timur sebelum era 1990-an, serta Cina pada masa pemerintahan Mao Zedong.

Sistem ekonomi komando ini memiliki peran yang sangat monopolitik karena kekuasaan dan keputusan pemerintah sangat mendominasi dan terlihat. Sebagaimana sistem ekonomi lain tentu saja sistem ekonomi ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan pada penerapannya. Di bawah akan diuraikan mengenai kelebihan dan kekuarangan sistem perekonomian tersebut.

Kelebihan

  • Pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap kegiatan ekonomi dalam suatu negara. Dengan demikian kemakmuran dan kesejahteraan rakyat akan menjadi tanggung jawab seutuhnya bagi pemerintah yang berkuasa.
  • Pemerintah bebas menentukan barang dan jasa sesuai kebutuhan suatu negara. Dengan kekuasaan ini pemerintah suatu negara berhak memberikan batasan dalam hal pemasaran barang maupun jasa baik produksi dalam negeri maupun produk impor.
  • Pemerintah dapat dengan mudah melakukan pengawasan dan pengelolaan sehingga pelaksanaan pembangunan lebih cepat karena sudah disusun dalam suatu perencanaan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

Kekurangan

  • Tidak diakuinya hak milik pribadi (rakyat).
  • Potensi inisiatif dan daya kreasi masyarakat tidak berkembang bahkan tidak dapat berkembang, karena dominasi pemerintah pada kegiatan ekonominya.
  • Segala kebijakan pemerintah atau penguasa harus dilakukan oleh rakyat dan pemerintah bersifat paternalisme. 

Demikian sedikit ulasan mengenai sistem ekonomi komando/terpimpin, semoga bermanfaat dan memberikan anda tambahan wawasan khususnya mengenai sistem ekonomi.

Selanjutnya : Contoh Cara Daur Ulang Sampah
Sebelumnya: Menulis Dapat Uang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar