Kelebihan Ikan Lele Adalah Manfaat Kesehatan dan Lingkungan


KSalah satu faktor kelebihan ikan lele adalah mudah diperoleh, baik di kawasan perkotaan maupun pedesaan, sehingga sangat populer di berbagai lapisan masyarakat. Buktinya, ikan lele sering dibudidayakan di kolam pemancingan umum. Ikan lele juga banyak dihidangkan di warung pinggir jalan atau tempat makan lesehan sebagai hidangan utama.

Ikan lele adalah spesies ikan yang memiliki ciri fisik yaitu tubuh pipih memanjang, memiliki kumis panjang, dan licin. Ikan ini memulai aktivitasnya mencari makanan ketika pada malam hari. Sementara itu, ikan lele hanya berdiam diri di tempat perlindungannya yang gelap pada siang hari.

Penggemar ikan lele mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa kandungan asam lemak dan proteinnya tergolong tinggi. Kandungan asam lemak esensialnya sebesar 9% dan protein sebesar 17% mampu mencukupi kabutuhan harian tubuh manusia. Namun, perlu diperhatikan bahwa kandungan kolesterol ikan lele cukup tinggi, sehingga perlu dibatasi konsumsinya. Cukup dua ekor sehari.

Dilihat dari segi pengobatan pun ikan lele memiliki kemampuan memperkuat otot-otot perut, menyembuhkan kencing manis, impotensi, dan hepatitis. Dalam hal ini, cara pengolahan ikan lele melalui proses perebusan kemudian dimakan. Cara lainnya ialah ikan lele dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan menjadi serbuk. Selanjutnya, serbuk lele bakar tersebut diseduh dengan air panas, lalu diminum.

Ikan lele diperkaya dengan kandungan lisin yang menghasilkan zat kekebalan tubuh, hormon, enzim, dan membentuk kolagen. Di sisi lain, lisin mampu melindungi anak dari serangan virus herpes yang berbahaya. Ikan lele juga diperkaya zat leusin yang sangat dibutuhkan tubuh anak-anak dalam masa pertumbuhannya, termasuk pembentukan protein otot sekaligus perombakannya.

Keberadaan ikan lele sudah banyak dimafaatkan untuk kepentingan banyak orang. Oleh sebab itu, kualitas air tempat lele hidup harus terjaga agar tidak tercemar.

Dalam hal ini, kelebihan ikan lele adalah menjadi spesies yang mampu bertahan hidup dan menghilangkan kotoran-kotoran dalam air. Terkadang, ikan lele sengaja dilepaskan di sawah agar memakan hama-hama yang berada di sawah dan di tempat genangan air guna menanggulangi jentik-jentik nyamuk.

Selanjutnya : Kelebihan Tanah Berpasir
Sebelumnya: Kelebihan dari Hasil Lelang Barang Jaminan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar