Apa Akibat Kelebihan Protein?


Protein yang terkandung dalam makanan diperlukan untuk pembangunan tubuh. Jenis protein hewani diyakini sangat baik dikonsumsi, terutama oleh anak-anak, individu yang berfisik lemah, serta para manula. Hal ini benar adanya karena protein hewani berguna dalam mempercepat pertumbuhan pada anak-anak. Namun pada usia tertentu, asupan protein hewani berlebih dapat mempercepat proses penuaan. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara berlebihan juga disinyalir dapat menimbulkan berbagai penyakit. Lalu apa saja akibat kelebihan protein bagi tubuh?

Kelebihan Kandungan Protein

Kelebihan kandungan protein sangat berbahaya bagi kesehatan setiap individu, yakni:

  • Asupan protein yang berlebihan dapat menimbulkan reaksi alergi karena tubuh bereaksi terhadap zat yang tidak dikenal ketika memasuki peredaran darah. Reaksi alergi yang ditimbulkan dapat berupa kaligata, dermatitis atopik, kolitis ulserativa, kalagen, serta penyakit crohn.
  • Kerja hati dan ginjal akan terasa berat apabila tubuh mengalami kelebihan tingkat protein. Hati dan ginjal akan mengalami beban kerja tubuh yang berat karena jumlah protein yang berlebihan harus diuraikan untuk dikeluarkan melalui urin.
  • Tingkat protein berlebih dapat mengurangi kalsium penyebab penyakit osteoporosis.
  • Energi akan berkurang juga jika tubuh mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak. Protein yang tidak dapat dicerna oleh tubuh akan mengalami pembusukan dalam usus sehingga berbahaya bagi tubuh.
  • Jumlah protein hewani berlebih yang dikonsumsi dapat memicu peningkatan racun dalam daging yang berakhir pada timbulnya sel-sel kanker di tubuh.
  • Kelebihan kandungan protein dalam tubuh turut menjadi penyebab peningkatan sindrom kegelisahan dan iritabilitas (sifat lekas marah), terutama pada anak-anak. Seringnya mengonsumsi protein hewani yang tidak diimbangi dengan konsumsi sayuran menyebabkan defisiensi kalsium dalam tubuh yang dapat mengganggu sistem saraf.

Dengan demikian, perlu diperhatikan asupan protein yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Tak selamanya konsumsi protein hewani meningkatkan pertahanan dan pertumbuhan tubuh Anda. Jika berlebihan, justru kelebihan protein dapat menjadi perangkap berbahaya pemicu berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, segala hal yang berlebihan memang tidak baik, termasuk protein dalam tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Persiapan Anggaran Membuka Kursus Bahasa Inggris
Sebelumnya: 7 Animasi Favorit Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar