Kelemahan Aliran Progresivisme

Kelemahan aliran progresivisme adalah salah satu analisis tentang pemahaman dari aliran filsafat. Aliran ini merupakan salah satu aliran filsafat yang banyak membahas tentang progres ke depan tentang kehidupan.

Aliran progresivisme lebih menekankan bahwa aliran ini percaya dan yakin bahwa manusia punya potensi untuk dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Walau terkadang masalah tersebut sangat menekan dan mencekiknya sekaligus dalam arti lain yakni dapat mengecam kondisi manusia lain atau manusia itu sendiri.

Segala tantangan tersebut menurut aliran ini dapat diatasi oleh manusia itu sendiri dengan kata lain manusia selalu berhasil menghadapinya. Aliran ini banyak digunakan dalam dunia pendidikan dan sebaiknya wajib dipahami oleh para siswa itu sendiri.

Kalau kita merasa bahwa dalam dunia pendidikan kita diberi keluasaan untuk berpikir dan bertindak itu adalah bagian dari pemahaman filsafat ini. Artinya dalam hal ini guru tidak boleh dan tidak diberi otoritas untuk diktator terhadap pengetahuan siswanya.

Apa itu Aliran Progresivisme?

Banyak istilah untuk menyebutkan arti filsafat itu sendiri. Ada yang mengartikannya sebagai bagian dari cara berfikir manusia. Secara lebih luas filsafat dapat dipahami sebagai penyelidikan yang dilakukan oleh akal manusia secara mendalam utnuk memikirkan segala ide, gagasan, dan lain sebagainya utnuk menemukan segala jawaban yang terus dikembangkan.

Artinya filsafat ini walau menuntut pemahaman yang tinggi atas segala sesuatu. Namun hasil penemuannya pengertian atas sesuatu tersebut tidak bersifat mutlak dan bisa saja berubah pemahamannya suatu saat nanti sesuai dengan perkembangan akal manusia.

Jadi, filsafat berintikan pada kemampuan berpikir manusia atau daya akal manusia. Sementara itu aliran progresivisme adalah salah satu cabang filsafat di bidang pendidikan yang menekankan pemahaman bahwa manusia dapat memikirkan dan mampu survive menyelesaikan masalahnya sendiri, sekaligus mengecam tindakannya sendiri atas suatu masalah.

Aliran Progresivisme

Sebelum menjelaskan tentang kelemahan aliran progresivisme, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan salah satu aliran filsafat ini, yakni kelebihannya:

1. Bersifat fleksibel,
2. Toleran dan terbuka,
3. Anak didik dibiarkan berpikir kritis,
4. Membiarkan anak didik terus maju.

Adapun kelemahan aliran ini adalah sebagai berikut.

1. Terlalu menitikberatkan pada pendidikan individu,
2. Kelas anak yang dilakukan secara dibuat-buat alias tidak wajar,
3. Banyaknya siswa yang tidak bertanggung jawab tentang hasil pemikirannya.

Demikianlah pembahasan tentang kelemahan aliran progresivisme. Semoga dapat menambah wawasan Anda, terutama bagi Anda yang berkecimpung dan bergelut dengan dunia pendidikan.

Selanjutnya : Kegunaan Mandi Air Asin
Sebelumnya: Champa, Negara yang Hilang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini