Kelemahan Periskop dalam Penggunaannya

Kelemahan periskop adalah dalam kurang dapat menentukan titik posisi dari objek yang dilihatnya. Hal ini disebabkan kerja periskop adalah membalikan bayangan dan memperkecil ukuran bayangan dari objek sebenarnya. Hal yang menjadi penyebab penggunaan periskop tidak dapat akurat adalah pengamat hanya menggunakan satu mata untuk melihat bayangan pantulan tersebut. yang demikian juga disebabkan lebar sudut pengamatan mengurangi sudut pengamatan.

Kelemahan dari Periskop dan Kegunaannya

Loading...

Kegunaan periskop adalah memberikan gambaran di sekeliling kapal, khususnya kapal selam. Dalam kapal selam, periskop di fungsikan sebagai mata kapal untuk melihat benda di atas permukaan air atau benda di bawah dasar kapal selam. Cahaya akan masuk ke dalam periskop dengan arah horizontal lalu turun ke arah pandangan mata. Pipa periskop di desain dengan pipa vertikal dan prisma yang memiliki kecondongan 45⁰.

Keberadaan periskop memang sangat diperlukan dalam sebuah kapal selam. Yang demikian di sebabkan seseorang yang telah berada di dalam kapal selam tidak akan dapat melihat sesuatu yang ada di atasnya maupun di bawahnya. Dengan menggunakan periskop seseorang dapat menangani hal ini. Namun terdapat kelemahan periskopdalam memfokuskan objek, periskop kurang dapat memfokuskan objek secara pasti, dikarenakan fokus dari periskop kurang memadai, membuat pengukuran letak terhadap suatu objek yang di lihat melalui periskop kurang tepat.

Kelemahan dari Periskop dan Pembaharuannya

Meskipun periskop dia anggap memiliki kelebihan guna menjadi mata bagi kapal penyelam. Terdapat pula kekurangan yang ada dalam alat ini. Ketika kapal melaju dengan kecepatan yang pada awal nya rendah kemudian di percepat sehingga kecepatannya bertambah  maka akan menimbulkan tekanan. Tekanan yang di timbulkan akan berakibat pada pipa periskop. Bila hal ini terjadi maka pandangan yang diperoleh ketika menggunakan periskop akan kabur.

Kekurangan lainnya dari periskop selain riskan terhadap tekanan adalah apabila terjadi rotasi pada prisma yang merupakan bagian dari periskop, rotasi yang di timbulkan oleh pergerakkan ini akan membuat pandangan terlihat terbalik. Hal ini kemudian di perbaiki dan di perbaharui lagi oleh para ahli. Adapun kekurangan periskop yang sejak dari dulu belum dapat diperbarui yaitu desainnya yang berbentuk tabung pipa tidak dapat digunakan pada saat kapal tengah berada pada keadaan melaju. Hal ini menjadi kelemahan periskop yang sejak awal penemuannya hingga sekarang belum dapat di benahi oleh ahli di bidangnya.

Loading...
Selanjutnya : Pentingnya Ilmu Biokimia Enzim
Sebelumnya: Tata Cara dan Bacaan Wudhu yang Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar