Kelenjar Di Tubuh Manusia Yang Menghasilkan Enzim


Kelenjar di tubuh manusia yang menghasilkan enzim merupakan bagian dari sistem tubuh. Sang Pencipta menciptakan tubuh manusia dengan sistem luar biasa termasuk dengan adanya organ dan kelenjar. Kelenjar merupakan bagian tubuh yang bertugas memproses dan mengeluarkan zat tubuh diantaranya enzim. Enzim adalah bahan aktif berguna untuk mempercepat proses reaksi kimia dalam tubuh.

Sistem pencernaan dalam tubuh manusia melibatkan kelenjar dalam prosesnya. Kelenjar di tubuh manusia yang menghasilkan enzim di antaranya kelenjar ludah (parotis), kelenjar lambung, kelenjar hati, kelenjar pankreas, dan kelenjar usus halus.

Kelenjar Ludah

Ini merupakan kelenjar pertama dalam proses ketika makanan masuk ke dalam mulut. Kelenjar ludah mengeluarkan saliva atau liur yang mengandung enzim ptialin untuk mengurai amilum (pati) menjadi maltose.

Kelenjar Lambung

Enzim juga dihasilkan oleh kelenjar lambung. Beberapa enzim yang dihasilkan yaitu Pepsin, dalam enzim ini pepton,protease dan polipeptida terbentuk dari perubahan protein. Proses pengendapan kasein dari susu dibantu oleh enzim Renin. Sementara untuk mematikan kuman dan membuat pepsin bisa bekerja aktif dibutuhkan enzim HC1 atau asam klorida yang juga membantu untuk menyekresi getah usus. Enzim terakhir dalam kelenjar lambung adalah lipase yang membantu pembentukan asam lemak dan gliserol dari perubahan zat lemak.

Kelenjar Pankreas

Kelenjar yang letaknya berdekatan dengan lambung ini menyalurkan beberapa enzim menuju usus duabelas jari (duodenum). Beberapa enzim yang dihasilkan kelenjar pankreas yaitu amilase yang berfungsi untuk membentuk glukosa dari amilum. Perubahan lemak menjadi asam lemak dan gliserol dibantu oleh enzim lipase. Sementara untuk membuat pepton menjadi asam amino dibutuhkan enzim tripsin. Hormon yang mempengaruhi proses sekresi enzim dalam pankreas adalah hormon sekretin yang dihasilkan oleh duodenum saat makanan masuk ke dalamnya.

Kelenjar Usus Halus

Beberapa enzim lainnya dalam sistem pencernaan dihasilkan oleh kelenjar usus halus yaitu enzim Sukrase, Maltase, Lactase dan Peptidase. Hormon enterokrinin mempengaruhi dihasilkannya para enzim ini. Enzim yang berfungsi untuk mempercepat penguraian sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa adalah sukrase. Proses pemecahan maltose menjadi dua bagian molekul glukosa dilakukan oleh enzim maltase. Enzim Laktase bekerja untuk mendukung proses pemecahan laktosa menjadi glukosa dan galaktosa menjadi lebih cepat. Untuk proses penguraian polipeptida menjadi asam amino dibantu oleh enzim peptidase.

Sistem pencernaan memiliki kelenjar di tubuh manusia yang menghasilkan enzim paling banyak. Lancarnya peredaran enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ini pastinya berkaitan dengan kondisi tubuh yang sehat. Semua bermula dari makanan yang masuk lewat mulut ke tubuh untuk diproses oleh organ dan kelenjar. Ini pastinya didukung oleh manusia sendiri dengan memasukkan nutrisi bergizi seimbang disertai pola hidup sehat dan olahraga teratur agar tubuh tetap sehat.

Selanjutnya : Statistik 10 Besar Penyakit Mematikan Pada Anak
Sebelumnya: Peran Orangtua dalam Memberi Motivasi Belajar kepada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar