Kelenjar Endokrin dan Fungsinya Pada Tubuh Manusia


Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang menghasilkan berbagai macam hormon pada tubuh manusia. Kelenjar endokrin terdiri dari beberapa kelenjar yang membentuk suatu sistem. Karena itu, lebih sering disebut sebagai sistem endokrin. Apa saja kelenjar endokrin dan fungsinya pada tubuh manusia?

Kelenjar endokrin menghasilkan berbagai hormon. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Ada sembilan kelenjar endokrin pada tubuh manusia, yaitu kelenjar pituari (hipofisis), kelenjar epifase, kelenjar pankreas, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, kelenjar kelamin, kelenjar lambung dan usus, dan kelenjar timus. Masing-masing kelenjar mempunyai fungsi khusus.

Kelenjar ptiuari merupakan penghasil delapan hormon. Pertama, hormon pertumbuhan (somatotrophic hormone). Kekurangan hormon somatropik dapat menyebabkan kekerdilan, tetapi jika berlebihan dapat menyebabkan gigatisme.

Kedua, hormon perangsang tirodi (tyroid stimulating hormone) berfungsi mengendalikan kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon tiroksin. Ketiga, adrenocorticotrophic hormone berfungsi mengontrol kerja kelenjar adranal saat memproduksi glukortikoid. Keempat, hormon perangsang pembentukan folikel berfungsi dalam perkembangan organ reproduksi manusia.

Kelima, hormon prolaktin yang berfungsi dalam produksi air susu, terutama pada wanita yang baru saja melahirkan. Keenam yaitu homon perangsang melanoktit yang berfungsi dalam pembentukan warna pada jaringan kulit dan rambut. Yang terakhir, hormon antidiuretik yang berfungsi mengontrol jumlah urin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Kelenjar yang lain, yaitu kelenjar pankreas merupakan penghasil hormon insulin dan hormon glukagon. Hormon insulin dan hormon glukagon berfungsi sebagai pengatur kadar glukosa dalam darah manusia.

Sedangkan kelenjar tiroid merupakan penghasil hormon tiroksin. Hormon ini memiliki fungsi mengatur suhu tubuh dan metabolisme seluruh sel dalam tubuh. Berdekatan dengan kelenjar tiroid, terdapat kelenjar paratiroid yang menghasilkan hormon paratiroid. Hormon paratiroid berfungsi dalam pengontrolan fosfor dan kalsium dalam darah manusia.

Selanjutnya, kelenjar adrenal merupakan penghasil hormon deoksikortison dan hormon adrenalin. Kelenjar kelamin merupakan penghasil hormon-hormon reproduksi pada manusia. Kelenjar usus dan lambung merupakan penghasil hormon gastrin. Gastrin merangsang keluarnya beberapa enzim pencernaan, yaitu asam klorida, rennin, pepsin, dan lipase.

Pada bagian usus, kelenjar ini menghasilkan enzim laktase, enzim peptin, sukrase, dan beberapa enzim lainnya. Terakhir, kelenjar timus merupakan kelenjar yang berpengaruh dalam pertumbuhan manusia.

Demikianlah penjelasan kelenjar endokrin dan fungsinya pada tubuh manusia. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Kelenjar Getah Bening Adalah Untuk Pertahanan Tubuh
Sebelumnya: Pelari Tercepat Flo Jo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar