Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi


Pengaruh kemajuan teknologi komunikasi dapat dirasakan dari dulu sampai sekarang. Contoh kecil pengaruhnya, dengan adanya Hp dan email. Pada intinya, Hp dan email digunakan untuk mengirim pesan. Pada zaman dahulu, orang belum mengenal Hp dan juga email. Untuk berkomunikasi, mereka biasanya menggunakan alat komunikasi yang sederhana, misalnya saja dengan sandi ataupun api.

Kemajuan Teknologi Komunikasi

Api biasanya digunakan jika keadaan menjadi genting atau bahaya. Maka dengan dihidupkannya api, bisa menjadi pertanda jika akan ada bahaya yang menyerang. Selain itu, sandi seringkali digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia. Agar pesan tersebut tidak diketahui oleh orang lain, pesan tersebut dikemas dalam bentuk sandi.

Setelah sandi dan api, kemudian orang mulai mengenal kentongan. Kentongan adalah alat komunikasi yang digunakan dengan cara dipukul. Kentongan dibuat dari batang pohon ataupun bambu yang bagian dalamnya diberi lubang agar menghasilkan suara yang nyaring.

Setelah kentongan, orang kemudian mulai mengenal surat. Karena pada saat itu belum banyak jasa pengantar surat, maka digunakanlah hewan seperti anjing, burung merpati, atau kuncing yang digunakan sebagai pengantar surat.

Namun semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak orang yang melakukan penelitian dan menemukan teknologi-teknologi yang baru dan inovatif. Orang pun mulai meninggalkan alat tradisional, lalu mulailah dikenal kartu pos.

Kartu pos semakin mempermudah dalam pengiriman surat karena tinggal memasukkan ke kotak pos dengan diberi perangko. Surat tersebut pun akan sampai dalam waktu beberapa hari.

Setelah kartu pos, teknologi yang ditemukan pun semakin canggih. Kemudian, ditemukan telepon rumah yang semakin mempermudah dalam berkomunikasi. Setelah telepon rumah, ditemukan telepon genggam dan juga komputer, tablet, dan lain sebagainya.

Dari uraian di atas terlihat, pengaruh kemajuan teknologi komunikasi sangat pesat. Bahkan sekarang, perkembangan teknologi tersebut digunakan sebagai peluang usaha untuk mencari uang.

Dengan cara menjual berbagai macam alat komunikasi dan mempergunakan Hp dan media lainnya untuk usaha jual pakaian, tas, ataupun alat-alat rumah tangga. Pada intinya, kemajuan teknologi membawa keuntungan yang lebih baik.

Selanjutnya : Mie Instan Berbahaya
Sebelumnya: Mengunjungi Tempat Rekreasi Bunaken
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar