Penyebab Kemaluan Sakit Saat Kencing


Seringkali, kita akan merasa kemaluan sakit saat kencing. Dalam kondisi ini, menjadikan kita merasa tidak nyaman pada saat harus melakukan buang air kecil. Karena saluran yang menjadi jalan untuk keluarnya air seni atau urine, mengalami gangguan dan tak jarang menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya.

Rasa sakit yang muncul pada bagian kemaluan saat kencing ini, bukan hanya bisa dialami oleh kaum pria saja. Namun kaum perempuan yang memiliki saluran pembuangan dan reproduksi yang sama, juga bisa mendapatkan keluhan tersebut. Untuk kalangan perempuan, rasa sakit tersebut bisa diakibatkan oleh dua faktor baik yang berasal dari faktor internal atau juga eksternal.

Untuk faktor eksternal, bisa terjadi karena ada bagian yang lecet di sekitar saluran pembuangan tersebut. Sedangkan untuk luka yang terjadi pada bagian dalam, bisa diakibatkan adanya infeksi yang ditimbulkan dari bakteri yang masuk ke dalam saluran tersebut.

Beberapa jenis infeksi dari bakteri yang menyerang kalangan perempuan, berdampak pada gangguan bagian vagina. Misalnya saja menyebabkan keputihan yang menimbulkan bau kurang sedap. Selain itu, bisa pula menimbulkan raasa gatal yang berlebihan sehingga memicu terjadinya radang jika digaruk.

Penyebab Kemaluan Sakit

Munculnya rasa sakit di bagian kemaluan saat buang air kecil, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja:

1. Adanya penyakit yang muncul di dalam tubuh seseorang. Sehingga penyakit tersebut akan merembet ke bagian saluran kencing.

2. Munculnya bakteri yang masuk ke saluran kencing. Sehingga muncullah infeksi pada saluran tersebut sehingga menyebabkan rasa sakit ketika air seni melalui saluran tersebut. Infeksi ini biasanya tidak bisa dilihat, namun bisa dirasakan oleh penderitanya.

3. Pola kebiasaan menahan buang air kecil.

4. Untuk pasangan yang pertama kali melakukan hubungan seksual, muncul kelainan yang disebut dengan sistitis. Hal ini terjadi karena sistem pelumasan pada bagian vagina belum sempurna, saat melakukan penetrasi. Sehingga terjadilah cedera pada dinding vagina tersebut.

5. Jarang minum air putih. Akibatnya, kita akan mengalami sulit buang air kecil, karena kekurangan air putih di dalam tubuh. Air putih ini sebaiknya dikonsumsi minimal lima gelas setiap harinya agar proses buang air kecil kita bisa lancar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi Anda.

Selanjutnya : Nusaibah, Salah Satu Wanita Yang Ikut Berperang Di Zaman Rasulullah
Sebelumnya: Kendala Penghambat Komunikasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar