Kenapa Bisa Sakit Perut saat Datang Bulan


Kenapa seseorang bias mengalami sakit perut saat datang bulan? Sakit perut saat menstruasi adalah wajar yang dialami oleh seorang wanita, bahkan hampir semua wanita pernah merasakannya.

Saat remaja putri mengalami haid pertama kali, tentu akan kaget dengan rasa nyeri di bagian perut. Namun, sakit perut secara berlebihan yang diikuti muntah dan pingsan perlu diwaspadai. Itu tanda bahaya.

Ketidaknyamanan secara fisik berupa rasa sakit saat menstruasi diakibatkan adanya dismenore (nyeri haid) yang menyakitkan. Rasa sakit yang muncul terjadi di hari pertama hingga hari ketiga menstruasi.

Rasa sakit ini bisa berupa rasa kram di bagian belakang tulang punggung, kram di bagian dinding perut bagian kanan dan kiri, bahkan bisa menjalar hingga kaki. Saat itu, kaki terasa lelah dan kram. Adapun penyebab rasa kram adalah adannya kontraksi otot-otot halus pada rahim dengan hormon progesteron dan estrogen.

Progesterone dan estrogen inilah yang mempengaruhi otak dan sistem syaraf akibat pengaruh serotin. Serotin dikenal sebagai elemen yang mempengaruhi perilaku makan dan emosi. Tidak heran ketika wanita yang sedang menstruasi sering tersulut emosi.

Bentuk emosi di sini bermacam-macam, seperti mudah tersinggung, kecapaian, perubahan suasana hati, sulit tidur, dan terkadang payudara terasa sakit dan bengkak. Ada pula beberapa wanita yang pola makannya berubah ketika datang bulan. Ini gejala yang umum dan lumrah sebelum atau saat datang bulan tiba.

Patut menjadi perhatian sekaligus kehawatiran tersendiri apabila rasa sakit luar biasa tersebut berlangsung selama lebih dari lima secara terus-menerus disertai cairan darah terlalu banyak. Atau, saat menstruasi disertai sakit perut, tulang punggung, muntah, dan pingsan.

Beberapa kasus dengan ciri-ciri seperti ini bisa jadi pertanda bahwa orang tersebut mengalami gangguan pada bagian rahimnya. Apabila haid berlangsung selama 15 hari, maka merupakan gejala buruk.

Jadi, jangan abaikan rasa sakit saat menstruasi, tetapi juga jangan terlalu panik gara-gara sakit saat menstruasi. Jangan mudah menarik kesimpulan sendiri. Lebih baik, periksakan ke dokter.

Selanjutnya : Penyakit Paru Obstruktif Kronik Akibatkan Gejala Sesak Nafas di Cuaca Dingin
Sebelumnya: Kenapa Adobe Flash player Tidak Berfungsi dengan Baik?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar