Kenapa Perut Kiri Bawah Nyeri?


Kenapa perut kiri bawah nyeri atau terasa amat sakit? Anda perlu waspada jika mengalami hal ini karena ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian perut kiri bawah ini. Penyebab rasa sakit pada perut ini bervariasi, bahkan berbeda antara pria dan wanita, mengapa demikian? Perbedaan ini terjadi karena organ yang terdapat pada perut bagian kiri bawah antara pria dan wanita berbeda.

Pada wanita, pada bagian perut kiri bawah terdapat organ yang berhubungan dengan reproduksi, sebut saja kantung telur, rahim, dan beberapa organ pening lainnya. Sedangkan pada pria, organ tubuh yang berada di bagian perut kiri bawah ini adalah usus saja, tak ada organ lainnya. Banyaknya organ yang terdapat di perut kiri bawah pada wanita ini juga menyebabkan penyebab nyeri perut kiri bawah pada wanita lebih banyak kemungkinannya dari pada pria. Apa saja yang menyebabkan nyeri perut kiri bawah pada wanita dan pria? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah pada Wanita

Kenapa perut kiri bawah nyeri pada wanita ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, sal;ah satunya adalah penyakit kandungan yang sering disebut dengan istilah Endometriosis. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang amat mengganggu pada perut bagian kiri bawah yang kadang muncul saat haid. Rasa nyeri pada perut kiri bawah ini juga bisa disebabkan oleh reaksi penyakit lain misalnya pecahnya kista pada ovarium.

Pecahnya kista pada ovarium wanita ini dapat memicu munculnya rasa nyeri yang cukup kuat pada perut bagian bawah kiri. Selain disebabkan oleh dua penyakit yang telah disebutkan tadi, rasa nyeri pada perut bagian kiri bawah pada wanita ini juga bisa disebabkan oleh terjadinya kehamilan ektopik. Apa itu kehamilan ektopik? Kehamilak ektopik ini adalah kehamilan yang terjadi di mana janin tumbuh di luar rahim dan hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut.

Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah pada Pria

Rasa nyeri yang timbul di bagian perut bawah kiri pada pria berbeda dengan wanita. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah infeksi prostat dan infeksi saluran kemih. Selain itu ada juga penyakit yang dapat dialami oleh pria maupun wanita yang menyebabkan nyeri bagian perut bawah kiri, yakni batu ginjal dan hernia. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai kenapa perut kiri bawah nyeri, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Klasifikasi Tumbuhan Gimnospermae
Sebelumnya: Mengenal Nama Pakaian Adat Indonesia 33 Provinsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar