Apa Kepanjangan BBVA Sponsor La Liga?


Para pecinta sepakbola dunia tentunya sudah sangat familiar dengan BBVA. Nama tersebut mengacu pada liga sepakbola utama di Spanyol yang juga dikenal dengan nama La Liga Primera. Kepanjangan BBVA itu sendiri  adalah Bangco Bilbao Vizcaya Argentaria.

Apa Itu BBVA?

BBVA sebenarnya adalah nama sebuah bank ternama di Spanyol yang menjadi sponsor La Liga. Oleh karenanya nama bank ini kini dijadikan nama liga sepakbola tersebut. Seiring dengan semakin meluasnya penggemar sepakbola Spanyol, nama BBVA juga turut meluas ke seluruh dunia. Lucunya, ketika menyebut BBVA, hal yang dimaksud bukanlah bank itu sendiri, tetapi La Liga lah yang dimaksud.

La Liga merupakan ajang sepakbola utama di Spanyol. Liga ini termasuk yang digandrungi oleh para pecinta sepakbola di dunia. Hal itu karena Spanyol memang memiliki klub-klub sepakbola besar dengan kemampuan bermain dan prestasi yang diakui di tingkat internasional. Sebut saja misalnya Real Madrid dan FC Barcelona. Dua klub raksasa tersebut berlaga di La Liga dan menjadi langganan juara.

La Liga sendiri dibentuk Spanyol pada tahun 1929 dan berjalan setiap tahun hingga sekarang. 20 klub sepakbola terlibat dalam pertandingan bergengsi ini. Real Madrid berhasil menjadi juara sebanyak 32 kali dan menjadi runner up sebanyak 19 kali. Sementara FC Barcelona berhasil menjuarai La Liga sebanyak 19 kali dan menjadi runner up sebanyak 19 kali pula. Kedua klub besar tersebut secara konsisten bisa mempertahankan kehandalan bermainnya sehingga dalam sejarah La Liga belum pernah mengalami degradasi.

BBVA menjadi sponsor utama La Liga sejak tahun 2008. Sejak itulah La Liga disebut juga sebagai Liga BBVA. Tidak banyak orang memang yang mengetahui kepanjangan BBVA, terutama para penggemar sepakbola Spanyol di luar negeri. Tetapi Liga BBVA sudah terkenal di kalangan masyarakat dunia sepakbola. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penonton yang hadir ke pertandingan yang mencapai 30 juta orang selama satu musim.

Demikian informasi mengenai liga BBVA yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Selanjutnya : Harga Jenis BB Tipe Bold
Sebelumnya: Artikel Bisnis Reparasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar