Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keragaman Flora Dan Fauna Indonesia

Sebagai negara agraris yang beriklim tropis, Indonesia kaya akan berbagai jenis flora dan fauna. Keragaman flora dan fauna Indonesia tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke. Jika dilihat dari pola penyebarannya, flora dan fauna di bagian barat Indonesia memiliki kemiripan ciri dengan flora dan fauna Asia. Selain itu, di bagian timur Indonesia memiliki kemiripan ciri dengan yang flora dan fauna di Australia.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi terjadinya keragaman flora dan fauna di suatu wilayah, di antaranya adalah iklim, kondisi tanah dan air, serta peran makhluk hidup lainnya. Kelangsungan hidup flora dan fauna sangat bergantung pada jenis iklim daerah yang menjadi tempat tinggalnya.

Loading...

Iklim mencakup suhu dan kelembapan udara. Indonesia yang beriklim tropis kaya akan sinar matahari sehingga sangat mendukung bagi tumbuhan untuk berfotosintesis. Suhu yang tidak terlalu panas juga cocok untuk tempat tinggal berbagai jenis binatang.

Indonesia mengalami dua musim tahunan, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Kondisi ini menjadikan Indonesia cenderung stabil, yaitu kekeringan di masa kemarau berlangsung tidak terlalu lama karena digantikan oleh musim hujan.

Dengan begitu, persediaan air yang merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup senantiasa terjaga ketersediaannya. Tempat dengan sumber air melimpah dan memiliki lebih banyak jenis tumbuhan dan binatang daripada tempat dengan sumber air sedikit.

Tanah termasuk faktor utama keberlangsungan hidup makhluk hidup. Tanah sebagai media tumbuhan bisa berkembang dan tempat berpijak binatang darat. Tanah yang subur mengandung berbagai jenis bahan mineral yang diperlukan tumbuhan. Tanah Indonesia terkenal subur, walaupun tidak seluruhnya subur karena beberapa wilayah tanahnya kurang subur sehingga tidak bisa ditanami. Perbedaan tersebut diakibatkan adanya perbedaan struktur dan kandungan unsur hara.

Faktor lain yang mempengaruhi keragaman flora dan fauna adalah manusia. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia kerap melakukan tindakan yang mengubah lingkungannya. Misalnya, pembukaan hutan untuk lahan perkebunan.

Hal ini mengakibatnya berkurangnya habitat asli tumbuhan dan binatang yang dalam jangka waktu tertentu mengurangi keragaman jenisnya. Walaupun begitu, manusia juga gemar berinovasi dengan menciptakan jenis tumbuhan baru dengan perkawinan silang.

Demikianlah informasi mengenai keragaman flora dan fauna Indonesia. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Barang yang Tak Berwujud
Sebelumnya: Habitat Trenggiling
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar