Kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia yang Pernah Berjaya


 

Sejarah Nusantara tak bisa lepas dari peranan kerajaan dan ajaran agama. Sebelum Indonesia terbentuk secara resmi sebagai sebuah negara republik, pemerintahan dan kekuasaan dijalankan secara monarki di bawah payung kerajaan. Hindu dan Budhha diyakini sebagai agama yang lebih dulu masuk ke Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari tersebarnya kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia.

Di Kalimantan Timur misalnya, terdapat Kerajaan Kutai yang bercorak Hindu. Kerajaan tersebut diperkirakan berdiri pada abad ke-4 sehingga dianggap sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Dari prasasti Yupa diketahui bahwa Kerajaan Kutai didirikan oleh Kundungga.

Masa kejayaan Kerajaan Kutai ada pada masa pemerintahan Mulawarman. Kejayaan tersebut terlihat dari adanya pemberian 20 ribu ekor kerbau yang diberikannya kepada kaum Brahmana.

Pada masa yang sama, di Jawa Barat berkembang Kerajaan Tarumanegara yang juga bercorak Hindu. Kerajaan ini diyakini memiliki pengaruh budaya India yang sangat kental. Hal tersebut dilihat dari kehidupan keraton yang menggunakan huruf Palawa dan Bahasa Sansakerta. Nama kerajaan Tarumanegara dikenal sampai ke Cina. Dikisahkan pada masa Dinasti Tang dan Sung, Kaisar sering menerima utusan Kerajaan To-lo-mo. Ejaan To-lo-mo dalam Bahasa Cina berarti Taruma.

Pada abad ke-7, di Sumatra berdiri Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini mencakup lokasi yang sangat strategis, yaitu di antara Sumatra dan Semenanjung Malaysia. Dikatakan strategis karena daerah tersebut merupakan jalur pelayaran dan perdagangan internasional.

Sriwijaya menjadi tempat singgah kapal-kapal yang berlayar dari India ke Cina dan sebaliknya. Sebagai kerajaan besar yang banyak mendapat pengaruh dari luar, Sriwijaya sempat menganut ajaran Hindu, Budhha, dan Islam selama masa kekuasaannya.

Kerajaan bercorak Hindu dan Buddha lainnya adalah Kerajaan Mataram dan Kerajaan Singosari di Jawa Tengah. Kerajaan terakhir yang menganut ajaran Hindu dan Buddha di Indonesia adalah Kerajaan Majapahit. Raja Majapahit yang terkenal dan paling lama memerintah adalah Hayam Wuruk yang berkuasa sekitar abad ke-13. Majapahit juga terkenal dengan kebesaran nama Gajah Mada sebagai maha patih dan komandan perang.

Demikian informasi mengenai kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Hadiah Ulang Tahun Untuk Istri
Sebelumnya: Contoh Barang yang Tak Berwujud
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar