Kerajaan Mataram Lama Berpusat di Jawa Timur


Kerajaan Mataram lama berpusat di Jawa Timur. Pada awalnya, pusat pemerintahan Kerajaan Mataram berada di Jawa Tengah. Menurut sejarah berdirinya, pemerintahan Kerajaan Mataram dipusatkan di Jawa Tengah dengan ditemukannya sebuah prasasti Canggal yang berada di Desa Canggal.

Prasasti Kerajaan Mataram

Dalam prasasti tersebut terdapat tulisan menggunakan huruf Pallawa yang memilki keistimewaan. Keistimewaan tersebut dikarenakan terdapat angka tahun Candra Sangkala berbunyi Crutiindriya Rasa, memiliki arti tahun 654 atau tahun 732.

Prasasti tersebut berisi mengenai berdirinya sebuah lingga oleh Raja Sanjaya dan dijadikan lambang berdirinya kerajaan secara resmi. Kemudian, Raja Sanjaya memerintah Kerajaan Mataram pada Dinasti Sanjaya.

Pertama kali, Raja Sanjaya memerintah Kerajaan Medang I Bhumi Mataram yang lebih dikenal dengan kerajaan mataram lama berpusat di jawa timur. Mengenai letak pusat pemerintahan pada awalnya di Jawa Tengah, menurut keterangan pemerintahan dipusatkan di daerah Grobogan, Purwodadi dan di sekitar daerah Lembah Sungai Progo.

Masa Pemerintahan Raja Sanjaya

Pada masa pemerintahannya Raja Sanjaya muncul Dinasti Sailendra yang berhasil menggeser kedudukan Raja Sanjaya yang mengakibatkan pengalihan pusat pemerintahan oleh Raja Sanjaya ke Jawa Tengah bagian Utara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya kompleks Candi Hindu di daerah Gedong Songo dan daerah Dieng. Akan tetapi, banyak anggapan lain bahwa sebenarnya di Jawa Tengah hanya ada satu dinasti yang memerintah Kerajaan Mataram, yaitu Dinasti Sailendra.

Di samping itu, ada dugaan bahwa penyatuan dinasti yaitu Dinasti Sailendra dan Dinasti Sanjaya terjadi karena perkawinan yang memiliki muatan kekuasaan antara Pramodhawardhani, seorang putri Raja Samaratungga dari Dinasti Sailendra menikah dengan Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya.

Perkawinan antara keduanya mampu untuk menyatukan pemerintahan. Akan tetapi, setelah Raja Samaratungga wafat, terjadilah perebutan kekuasaan yang berakibat pada runtuhnya Dinasti Sailendra Kerajaan Mataram.

Runtuhnya Dinasti Sailendra berdampak pada pemindahan kekuasaan pemerintahan Kerajaan Mataram ke Jawa Timur yaitu pada masa pemerintahan Raja Tulodhong tahun 919-927 M. Banyak faktor yang mendasari pemindahan pemerintahan Kerajaan Mataram lama berpusat di Jawa Timur.

Salah satunya karena faktor ekonomi, Jawa Timur memiliki sungai-sungai besar seperti Brantas dan Bengawan Solo yang dianggap memudahkan untuk aktivitas perdagangan. Selain itu, Jawa Timur memiliki dataran rendah yang dapat dimanfaatkan untuk menanam padi dan bercocok tanam.

Pada tahun 1016 diperkirakan Kerajaan Mataram pada masa Dinasti Dharmawangsa mengalami keruntuhan yang diakibatkan oleh adanya serangan Kerajaan Wurawari.

Selanjutnya : Sertifikat Hak Atas Tanah: Solusi Permodalan untuk Usaha Budidaya Ikan Gurame
Sebelumnya: Kenapa Persendian Sakit?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar