Cara Membuat Kerajinan dari Koran Bekas : Topeng Unik


Kerajinan dari Koran bekas merupakan salah satu solusi cerdas pemanfaatan barang yang sudah tidak dipakai. Koran-koran bekas yang hanya ditumpuk atau dijual ketukang loak bisa disulap menjadi barang-barang yang memiliki fungsi, nilai seni dan nilai ekonomis.

Koran-koran bekas bisa dibuat berbagai macam kerajinan yang bisa jadikan peluang usaha atau hanya sekedar digunakan sendiri. Cara membuat kerajinan Koran bekas tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan mengenai pembuatan kerajinan topeng yang terbuat dari Koran.

Membuat topeng dari Koran bekas

Diantara pembaca tentu pernah ada yang membuat kerajinan Koran bekas untuk tugas kerajinan disekolah, namun jika da yang belum pernah mencobanya, bisa dicoba sekarang juga bahan dan cara pembuatannya sangat sederhana.

Bahan-Bahannya :

Cetakan untuk topeng : bisa menggunakan cetakan dalam atau luar. Yang lebih mudah gunakan cetakan luar dengan menggunakan tanah liat atau malam (lilin). Buat bentuk wajah. Jika sudah selesai siapkan bahan-bahan berikut ini :

  • Bahan cetakan : Tanah liat atau lilin
  • Bahan Bubur Koran: Koran bekas, Lem kayu, ember, air,tissue.

Cara Pembuatan Topeng Sebagai Kerajinan dari Koran Bekas:

  1. Potong Koran menjadi potongan kecil-kecil.
  2. Siapkan wadah (ember), kemudian masukan Koran-koran bekas dan tambahkan dengan air. Diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  3. Kemudian bubukkan Koran bekas sampai seperti bubur.
  4. Masukkan lem kayu (foxs) , campurkan sampai rata.
  5. Ada alternatif lain untuk membuat lem, yaitu dengan menggunakan tepung kanji. Caranya cukup dengan merebus tepung kanji sampai terlihat lengket
  6. Setelah tercampur rata antara bubur Koran dengan lem, siapkan cetakan topeng yang sudah disiapkan sebelumnya.
  7. Lumuri cetakan dengan menggunakan bubur kertas, untuk meratakannya bisa dibantu menggunakan kuas cat.
  8. Setelah semua permukaan cetakan tertutup bubur kertas, tutup dengan kertas tissue dan keringkan.
  9. Jika topeng dirasa belum cukup tebal bisa melapisinya kembali dengan cara yang sama, yaitu membalurinya dengan tipis dan melata kemuduan keringkan.
  10. Jika sudah dirasa cukup tebal, siapkan cat untuk menghias topeng dan memperkuat karakter wajah topeng, langkah yang paling mudah bisa mewarnai seluruh wajahnya terlebih dahulu sesuai warna yang diinginkan. Baru hias bagian mulut, mata pipi dsb.

Cukup mudah dan sederhana sekali pembuatannya. Jika kalian sudah bisa membuat topeng dengan teknik di atas , bisa dilanjutkan membuat kerajinan dari Koran bekas lainnya. Selamat berkreasi.

Selanjutnya : Keterampilan Menulis, Belajar dari JK Rowling
Sebelumnya: Informasi tentang SMS 20 Live S60CV2 Nokia N70
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar