Mengenal Kerajinan Keramik Nusantara

Keramik merupakan seni kerajinan yang terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran sehingga berubah menjadi keras. Keramik sudah ada sekitar ribuan tahun yang lalu dan perdagangannya sudah dimulai di Timur Tengah keramik memang peninggalan yang sudah tua dan sudah dipakai menjadi alat-alat rumah tangga, seperti gerabah, belanga, kendi atau periuk dan lain sebagainya.

Indonesia sendiri memiliki kerajinan keramik Nusantara yang cukup terkenal dan tersebar di beberapa daerah. Ada beberapa daerah yang terkenal dengan kerajinan keramik, di antaranya adalah keramik kasongan, keramik plered, keramik dinoyo dan keramik sanur. Daerah-daerah yang terkenal dengan kerajinan keramik tersebut mampu menghasilkan keramik dengan berbagai macam bentuk dan motif. Bahkan ada model keramik yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Sentra kerajinan keramik kasongan merupakan terletak di daerah Kasongan, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pada mulanya penduduk di Desa Kasongan bermata pencaharian sebagai pembuat gerabah namun kemudian berubah menjadi pembuat keramik. Pesatnya kerajinan keramik di Kasongan ini tak lepas dari perkembangan Yogyakarta sebagai tempat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Sebagai tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara Sanur juga memiliki sentra kerajinan keramik. Pembuatan keramik di Sanur sudah dimulai sejak tahun 70-an. Bahkan pembuatan keramik ini sudah menjadi tradisi dana sudah menjadi mata pencaharian. Mereka membuat hiasan seperti tegel yang berlukisakan wayang atau motif dari mitologi Bali.

Di Jawa Barat juga terdapat sentra kerajinan keramik yang terkenal ada di daerah Purwakarta lebih tepatnya di daerah Plered. Keramik plered sudah ada sejak tahun 90-an dan sudah berkembang dengan sangat baik. Berbagai jenis keramik banyak dihasilkan di sana dari keramik hias sampai pada keramik pakai. Keramik plered memiliki kulitas yang baik dan bentuk yang bervariasi.

Masih banyak lagi daerah yang memiliki kerajinan keramik Nusantara dan ada pula daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sentra keramik. Kita harus bangga memiliki daerah penghasil keramik yang keramiknya tidak hanya disukai oleh penduduk lokal saja. mudah-mudahan keramik Nusantara bisa berkembang semakin melesat dengan kualitas yang bagus hingga terkenal di mancanegara.

Loading...
Selanjutnya : Anastasiya Shpagina Menyulap Dirinya Menjadi Kartun Jepang Bertemakan Gadis
Sebelumnya: Beragam Nama Jaring untuk Olah Raga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar