Kerajinan Tangan dari Bahan Sabun


Kini, sabun mandi yang biasa kita gunakan untuk mandi dapat berubah menjadi kerajinan tangan yang menakjubkan di tangan seorang perajin. Banyak para pengrajin yang tertarik membuat kerajinan tangan dari bahan sabun. Untuk itu, sabun kini mempunyai dua fungsi ganda.

Selain sebagai pembersih badan saat mandi, juga sebagai bahan dasar untuk dibuat kerajinan tangan yang dapat menarik perhatian orang yang melihatnya. Kerajinan tangan yang berasal dari bahan dasar sabun di antaranya adalah bunga sabun, binatang dari sabun, serta masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba membuat bunga sabun, maka bahan-bahan yang harus Anda persiapkan adalah sabun batangan yang biasa Anda gunakan untuk mandi, sedikit air hangat, tepung maizena secukupnya, serta pewarna makanan bila nanti diperlukan. Sementara alat yang Anda siapkan adalah alat parut, baskom atau wadah yang akan digunakan untuk mencampur bahan, dan sebatang lidi.

Cara Membuat Bunga dari Bahan Sabun Batangan

• Langkah pertama adalah Anda harus memarut sabun batangan tersebut, kemudian taruh dalam baskom atau wadah parutan sabun batangan tadi.

• Setelah sabun selesai diparut, campurkan tepung maizena secukupnya ke dalam parutan sabun mandi batangan tadi.

• Uleni adonan tepung maizena dan parutan sabun tadi sampai kalis dengan menambahkan air hangat sedikit demi sedikit.

• Anda dapat menambahkan pewarna makanan sesuai selera Anda, jika warna yang didapat kurang memuaskan.

• Buat adonan menjadi pipih, lalu lilitkan pada ujung lidi yang telah Anda siapkan.

• Lilitkan pipihan adonan tadi berkali-kali pada batang lidi hingga membentuk bunga yang bertumpuk.

Mudah bukan, cara membuat bunga yang berbahan dasar sabun batangan? Selain nampak indah, bunga sabun tersebut juga mengeluarkan wangi dari sabun tadi yang dapat tahan lama.

Kerajinan ini tentu karya yang berbeda dengan bunga yang terbuat dari plastik. Wangi bunga yang terbuat sabun akan lebih tahan lama. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat kerajinan tangan dari bahan sabun ini. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Carita Budaya Sunda
Sebelumnya: Cara Buat Rujak Manis yang Praktis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar