Kreativitas dalam Bentuk Kerajinan Tangan dari Kerang


Jika pernah jalan-jalan ke Pantai Pangandaran atau pantai lain di Indonesia, pasti tidak asing dengan berbagai kerajinan tangan dari kerang. Karena memang, jenis kerajinan tangan seperti itu banyak dijual di tempat wisata pantai. Harganya? Tentu saja terjangkau!

Tempat-tempat suvenir yang menjual berbagai kerajinan tangan yang terbuat atau dihiasi oleh kerang ini sekaligus menjadi tempat para perajin mendapatkan lembaran demi lembaran uang. Terbukti, dengan kreativitas, barang-barang yang tidak terpikirkan sebelumnya bisa menghasilkan uang ternyata bisa cukup menguntungkan.

Ragam Kerajinan Tangan Terbuat dari Kerang

Ragam kerajinan tangan yang terbuat dari kerang ini sangat banyak. Anda bisa menemukan barang-barang yang bersifat primer hingga bersifat hiasan. Seperti cermin, tempat sendok, tempat tisu, dan pigura. Semua barang-barang tersebut akan menjadi lebih indah jika dihias menggunakan kerang-kerang.

Pilihannya benar-benar sangat beragam, mulai dari bentuk, kebutuhan, hingga ukuran. Ketika berbelanja di toko-toko suvenir tersebut, Anda pasti akan tergoda dan ikhlaskan saja jika ternyata baru sadar bahwa telah membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Membuat Kerajinan Tangan Sendiri

Berlibur ke pantai memang selalu menyisakan kenangan yang indah. Termasuk salah satunya adalah rasa rindu terhadap berbagai suvenir cantik yang tidak sempat berpindah tempat dari etalase toko ke dalam tas. Untuk mengobati rasa rindu yang satu ini, kenapa Anda tidak mencoba untuk membuat kerajinan tangan dari kerang sendiri?

Bahan yang harus Anda siapkan ketika akan membuat kerajinan tangan ini tentu saja adalah kerang. Kerang bisa didapatkan di berbagai toko yang menjual peralatan suvenir.

Kemudian, siapkan bahan lain sesuai kebutuhan. Misalnya ingin membuat tempat tisu, Anda bisa siapkan kardus sepatu atau kardus lain yang seukuran dengan kemasan tisu. Setelah itu, siapkan lem dan kain batik yang sudah tidak terpakai.

Langkah pertama adalah bentuk kardus sedemikian rupa hingga pas dengan kemasan tisu. Lapisi secara rapi dengan kain batik. Rekatkan menggunakan lem. Terakhir, tempelkan satu per satu kerang ke atas permukaan kardus yang telah dilapisi kain batik. Kerajinan tangan dari kerang berupa kotak tisu pun selesai dibuat.

Selanjutnya : Kulit Kelamin Pria, Alasan Mengapa Orang Berkhitan
Sebelumnya: Kontak Fisik Rakyat Indonesia dengan Sekutu dan Belanda di Berbagai Daerah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar